Universitas Terbaik di Indonesia dengan Akreditasi Tinggi

Universitas di Indonesia ternyata mampu berlomba dengan universitas yang berada di Asia Tenggara. Dalam susunan yang dibuat oleh Unirank ini, universitas terbaik di Indonesia sukses masuk dalam jajaran 25 Best Universities in Southeast Asia 2018 yakni penghargaan terbaru bagi universitas terbaik di Asia Tenggara.

Seperti yang dikutip oleh Seasia.co, ada delapan universitas terbaik di Indonesia yang masuk dalam 25 kampus terbaik di Asia Tenggara, apa saja :

1. Universitas Gajah Mada

Kampus yang terletak di Yogyakarta ini, menduduki peringkat tiga terbaik di Asia Tenggara. UGM jadi yang terbaik di Indonesia menurut peringkat ini.

UGM berdiri semenjak tahun 1949 dan menjadi universitas terbesar di Indonesia ketika ini. Kampus yang berpusat di area Bulaksumur ini menjadi tempat menggali ilmu tidak cukup lebih 50.000 mahasiswa yang tersebar di 18 fakultas, tergolong 1.187 mahasiswa asing.

2. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia menduduki ranking keenam dalam susunan universitas terbaik di Asia Tenggara 2018. Universitas Indonesia adalah kampus tertua di Indonesia yang sudah muncul sejak tahun 1849. Universitas Indonesia juga merupakan salah satu universitas terbaik di Jakarta.

Kampus UI berpusat di Depok, Jawa Barat dan Salemba, Jakarta Pusat. Perpustakaan UI dinilai sebagai di antara perpustakaan terbesar di Indonesia.

3. Universitas Brawijaya

Nama Universitas Brawijaya paling populer di kalangan pelajar SMA. Universitas yang terletak di Malang-Jawa Timur ini pun tak kalah baiknya dengan tujuh universitas lain. Terbukti dengan berhasilnya universitas ini menempati peringkat 17 di Asia Tenggara.

Baca juga :  Jurusan dalam Fakultas dan Program Studi di Universitas Jember

4. Institut Pertanian Bogor

Kepopuleran kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) pulang meningkat. Hal ini terbukti dari naiknya posisi IPB dalam pemeringkatan uniRank dan masuk dalam jajaran kampus terbaik di dunia.

Dalam 25 Best Universities in Southeast Asia 2018, IPB sedang di peringkat 20 dan masih menjadi di antara universitas terbaik di Indonesia.

5. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY adalah universitas negeri di Yogya yang dikenal baik pendidikannya. Universitas ini telah berdiri semenjak tahun 1964. Dulu, universitas ini mempunyai nama IKIP Yogyakarta berfokus pada edukasi ilmu keguruan saja lho.

Saat ini, UNY mempunyai Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan.

6. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro ialah sebuah Universitas negeri yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah. Kampus ini didirikan pada tahun 1956 yang pada tadinya didirikan dengan nama Universitas Semarang. Universitas ini mengangkat nama besar Pangeran Diponegoro sebagai nama almamaternya. Peringkat Universitas Diponegoro sukses masuk top rank 21 dalam 25 Best Universities in Southeast Asia 2018.

7. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara ialah universitas ternama di Kota Medan. Berdirinya Universitas Sumatera Utara tidak lepas dari hadirnya Yayasan Universitas Sumatera Utara yang kesatu kali mengelola kampus ini pada mula berdiri.

Baca juga :  15 Kampus Kelas Karyawan Terbaik di Jakarta dan Biaya Kuliah Kelas Karyawan

Universitas Sumatera Utara sekarang menjadi kampus kesayangan di Kota Medan. Tak heran bila tidak sedikit pemuda dan pemudi yang terdapat di Pulau Sumatera hendak berkuliah di Universitas Sumatera Utara ini.

8. Universitas Sebelas Maret

UNS (Universitas Sebelas Maret) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Surakarta atau biasa lebih dikenal dengan Kota Solo, Jawa Tengah. UNS telah dapat mengukir tidak sedikit prestasi, baik prestasi institusi maupun dosen dan karyawannya.

Mau tahu susunan lengkap universitas terbaik di Indonesia yang masuk dalam 25 Best Universities in Southeast Asia 2018?. Kamu dapat cek susunan lengkapnya di sini:

Tentunya, Universitas terbaik yang dinilai ialah universitas yang diakui, terlisensi, memiliki berbagai jurusan baik dan terakreditasi oleh kemendikbud di negaranya masing-masing.

Share via :