12 Pakaian Tradisional Wanita di Beberapa Negara Ini Unik dan Menarik

pakaian tradisional wanita

Kira – kira sekitar 170.000 tahun yang lalu manusia sudah mengenal pakaian. Lalu seiring dengan berkembangnya jaman banyak perubahan – perubahan pada pakaian, sehingga bisa melindungi tubuh kita baik dari suhu, cuaca, dan lain sebagainya. Disetiap negara juga mempunyai pakaian yang menjadi pakaian tradisioanal dan dibuat sesuai dengan budaya dan ciri – ciri suatu wilayah bahkan suatu cerita masing – masing negara itu.

Pakaian tradisional suatu negara khususnya yang dikenakan oleh para wanita begitu kelihatan anggun dan menarik, dan akhirnya menjadi kekhasan dan kebanggaan suatu negara tersebut, bahkan sampai saat ini masih dilestarikan oleh masyarakat negara tersebut. Pakaian tradisional masih dipakai dalam keseharian ataupun saat acara -acara tertentu.

Berikut ini 12 pakaian tradisional wanita suatu negara yang dilansir dari yes24.co.id.

1. Kebaya – Indonesia

Sebenarnya hampir negara di asia tenggara mempunyai pakaian tradisional yang mirip dengan kebaya. Tetapi di Indonesia terkenal dipakai oleh wanita suku jawa.

2. Hanbok – Korea

Biasanya berwarna cerah dan nggak memilki saku, hanbok terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian atas ( jeogori ) dan Rok ( Chima ).

Baca juga :  Dalam Semalam, Pendapatan Pria Ini Meningkat 17 Triliun Rupiah

3. Kimono – Jepang

Pakaian ini sangat terkenal di dunia, bahkan ada juga pakaian mirip kimono tapi lebih simpel yang diberi nama yukata.

4. Dirndl – Jerman

Awalnya pakaian ini merupakan pakaian para pelayan di Austria.

5. Klederdracht – Belanda

Ciri khas lebih spesifik dari pakaian ini adalah topi yang njekither.

6. Kilt – Skotlandia

Pakaian tradisional ini di dominasi oleh kain dengan motif kotak – kotak.

7. Bunad – Norwegia

Kita bisa melihat pakaian ini pada musim pernikahan, karena pakaian tradisional ini hanya digunakan pada acara – acara khusus saja.

8. Gomesi – Uganda

Ciri – ciri dari pakaian ini adalah pada lengan pakaian yang berbentu gelembung, dan gaunnya panjang semata kaki, serta diikat agak longgar pada bagian pinggang dengan kain panjang.

9. Khanga – Kenya

Biasanya dipakai mulai dari mengikat kepala seperti jilbab lalu dibiarkan menjuntai, dan motif kainnyapun macam – macam.

Baca juga :  Kamu Mantan Aku Bekas

10. Saree – India

Merupakan kain yang lebar dan cara memakainyapun beragam sesuai dengan wilayah, kasta, kegiatan, agama dll.

11. Cheongsam – China

Baju dengan potongan panjang dengan leher tinggi, berlengan pendek, kancing shanghai di kiri atau kanan bawah pundak, sangat praktis dipakai dan menonjolkan lekuk tubuh pemakainya.

12. Kaftan – Persia

Baju atau jubah yang panjang dengan lengan yang panjang dan lebar, biasanya terbuat dari bahan yang ringan dan terkesan melayang.

Share via :