Inilah Cara Mudah Mengatasi Cegukan dan Gumoh pada Bayi

Mengatasi Cegukan dan Gumoh pada Bayi

Cara Mengatasi Cegukan dan Gumoh pada Bayi – Cegukan dan Gumoh pada bayi setelah menyusu ialah hal yang normal. Ciri dari gumoh yang normal adalah cairan susu yang keluar biasanya hanya sedikit dan mengalir dari mulut. Ini disebabkan belum sempurnanya cincin penutup lambung serta ukuran lambung bayi yang masih kecil. Gumoh dapat terjadi pada bayi yang baru lahir atau berusia 0-4 bulan, dimana paling sering saat usia 2-4 bulan dan setidaknya terjadi 1 kali sehari.

Kebanyakan bayi cegukan dari waktu ke waktu. Hal ini biasanya lebih mengganggu orangtua dibandingkan bayi sendiri. Jika bayi cegukan selama menyusu, ganti posisinya, bantu ia untuk bersendawa, atau bantu ia untuk lebih rileks. Tunggu hingga bayi berhenti cegukan jika ingin melanjutkan menyusui. Jika cegukan tidak berhenti dalam waktu 5 hingga 10 menit, coba untuk melanjutkan menyusui selama beberapa menit, ini biasanya akan menghentikan cegukan. Jika bayi sering cegukan, coba untuk menyusui bayi ketika ia dalam keadaan tenang dan sebelum bayi terlalu lapar.

Baca juga :  Perempuan Bertubuh Pendek itu Lebih Susah Menurunkan Berat Badan

Cara Mudah Mengatasi Cegukan dan Gumoh pada Bayi

1. Usahakan lubang puting atau lubang botol susu diperbesar karena jika terlalu kecil akan membuat bayi kesulitan menghisapnya sehingga yang masuk lebih banyak udara dibandingkan ASI. tentu saja jangan juga terlalu besar dan terburu-buru karena akan menyebabkan bayi tersedak disebabkan datangnya air susu ibu yang masuk kedalam mulut bayi terlalu cepat, biarkan bayi anda menyesuaikan dan beradaptasi secara perlahan.
2. Ketika bayi bersendawa jangan dipaksakan memberikan asi atau makanan, berikan jeda agar bayi berkesempatan mengeluarkan udara yang keluar dari mulutnya.
3. Ketika memberikan makanan usahakan dalam posisi yang tegak agar makanan lebih mudah turun kebawah.
4. Jangan memberikan pakaian yang ketat pada bayi karena pakaian yang ketat dapat memberikan tekanan pada perutnya.
5. Jika bayi tetap gumoh dan cegukan posisikan badan bayi untuk tetap tegak selama 1/2 jam
6. Berikan makanan atau asi pada suasana yang tidak bising/ribut agar bayi tidak mudah terkejut yang dapat mengakibatkan bayi menjadi tersedak.
7. Jika saat tidur bayi anda sering gumoh cobalah untuk tidak memberikan bantal pada bayi
8. Berikan kehangatan pada perut bayi agar tidak mudah masuk angin.masuk angin membuat bayi mudah gumoh dan kentut.

Baca juga :  Kumpulan Hobi Yang Bikin Otak Encer

Beberapa hal dibawah ini perlu diwaspadai merupakan muntah yang tidak normal pada bayi antara lain:

Cairan yang keluar sangat banyak, sering atau muntah berwarna hijau
Perut membengkak
Bayi terlihat kesakitan atau rewel
Disertai adanya darah
Membuat bayi tersedak dan biru pada bibir
Mengganggu kenaikan berat badan.

Share via :