Tanda Jodoh Menurut Islam dan Cara Cepat Mendapatkannya

Jodoh Menurut Islam

jodoh menurut islam

Proses mencari jodoh menurut Islam bukanlah seperti membeli kucing dalam karung, namun justru diliputi oleh perkara yang penuh adab. Islam telah memberikan konsep yang jelas tentang tata cara ataupun proses sebuah pernikahan yang berlandaskan Al Qur’an dan As-Sunnah yang shahih. Sebelum seseorang lelaki memutuskan untuk menikahi seorang wanita, tentunya ia harus mengenal terlebih dahulu siapa wanita yang hendak dinikahinya begitu pula si wanita tahu siapa lelaki yang berhasrat untuk menikahinya.

Tentunya proses kenal-mengenal ini tidak seperti yang dialami oleh orang-orang yang tidak paham Agama sehingga mereka menghalalkan bentuk pacaran atau pertunangan dalam rangka penjajakan calon pasangan hidup. Mengenali pasangan hidup disini maksudnya mengetahui siapa namanya ,asalnya,keturunanya,keluarga,akhalaq dan Agamanya, dan informasi lain yang memang dibutuhkan.Ini bisa ditempuh dengan mencari informasi dari pihak ketiga, baik dari kerabat, si wanita atau pihak pria, atau orang lain yang mengenal si pria atau si wanita. Baca juga mengenai jodohmu adalah cerminan dirimu bukan cerminan wajahmu maupun fisikmu.

Baca juga :  Inilah yang Akan Terjadi pada Otak dan Tubuh Saat Kamu Sedang Jatuh Cinta

Yang perlu menjadi perhatian hendaknya hal-hal yang bisa menjatuhkan fitnah dihindari kedua belah pihak seperti melakukan hubungan telpon, sms, surat-menyurat dengan alasan ingin ta’aruf dengan calon suami atau istri.

Jangankan baru ta’aruf,yang sudah resmi meminangnya pun harus menjaga dirinya dari fitnah. Ketika Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdilah bin Al-Fauzan Hafizh ahullah ditanya tentang pembicaraan melalui telpon antara seorang lelaki dengan seorang wanita yang telah dipinangnya,beliau menjawab;Tidak apa-apa seorang lelaki berbicara lewat telpon dengan wanita yang telah dipinangnya bila memang pinanganya telah diterima dan pembicaranya yang dilakukan dalam rangka mencari pemahaman sebatas kebutuhan yang ada tanpa adanya fitnah.Namun bila hal itu dilakukan lewat peratara wali siwanita maka lebih baik lagi dan lebih jauh dari keraguan atau fitnah. Baca juga mengenai 15 tanda teman jadi jodoh kamu.

Baca juga :  11 Tanda Pria Benar-Benar Mencintaimu Tulus dan Tanpa Syarat

Adapun pembicaran yang biasa dilakukan lelaki dengan wanita antara pemuda dan pemudi padahal belum langsung pelamaran diantara mereka namun tujuannya saling mengenal sebagaimana yang mereka istilahkan maka ini munkar,haram bisa mengarah kepada fitnah menjerumuskan kepada perbuatan keji.

Allah subhanahu wata’ala berfirman;”Maka janganlah kalian tunduk dalam pembicaran sehingga berkeinginan jeleklah orang yang dihatinya ada penyakit dan ucapkanlah ucapan yang ma’ruf tidak ada fitnah didalamnya dan tidak ada keraguan”(Al-Muntaqa min Fatawa Fadhilatusya Syaikh Shalih bin Fauzan 3/163-164).

Baca juga : 17 Tanda-Tanda Dia Adalah Jodoh Terbaik yang Diciptakan Tuhan Untuk Kita

Next  : Ikhtiar dalam mencari jodoh

Share via :