6 Gadget Jadul Yang Dulu Pernah Populer Sebelum Smartphone Menguasai Dunia

Gadget Jadul Populer

Gadget Jadul

Teknologi saat ini memang sangat pesat berkembang, terlebih dalam 10 tahun terakhir ini. Penemuan teknologi komunikasi yang pesar layaknya air yang mengalir. Rasanya seperti kemarin kita mengenal ponsel monochrome dan sekarang telah berganti menjadi smartphone yang bisa melakukan hal-hal ‘ajaib’ dari mulai untuk sekedar eksis, hingga untuk mencari jodoh pun bisa dilakukan di smartphone.

Melihat jauh ke belakang, sebelum smartphone menguasai dunia. Beberapa gadget jadul sudah eksis duluan namun kini gadget jadul tersebut sudah menjadi barang usang ditelan zaman. Berikut ini adalah gadget jadul yang sempat populer sebelum kedatangan smartphone.

1. Kamera Analog

Gadget Jadul

Jauh sebelum ada kamera DSLR, dulu orang-orang menggunakan kamera analog. Kamera ini dulunya sangat populer karena harganya yang relatif murah. Penggunaan kamera analog sangatlah rumit jika dibandingkan dengan kamera digital. Kamera Analog menggunakan gulungan film yang nantinya harus dicuci untuk bisa mencetak gambar yang telah dipotret. Tidak ada yang namanya mengulang gambar hingga berkali-kali dan salah sedikit saja bisa mengakibatkan gambar ‘terbakar’ dan tidak tercetak saat dicuci. Kalau sekarang bahkan kita bisa mendapatkan kamera berkualitas di sebuah smartphone

Baca juga :  Nokia 3310, Ponsel Terbaik Sepanjang Masa

2. Radio

Gadget Jadul

Perangkat radio adalah perangkat teknologi komunikasi satu arah yang usianya sudah tua. Dengan perangkat ini dulu biasanya tergabung dengan tape dan bisa menangkap saluran di frekuensi FM atau AM. Stasiun radio bisa didengar dan memutar lagu-lagu serta request lagu serta mengirimkan salam. Sekarang FM radio memang belum sepenuhnya ditinggalkan, tapi perangkatnya kini seakan sudah punah, karena di smartphone sudah disediakan aplikasi FM Radio dan bahkan bisa mendengarkan saluranradio luar negeri dengan aplikasi radio digital.

3. Sony Walkman

Gadget Jadul

Di era sekarang ini, mendengarkan musik yang menjadi tren adalah melalui smartphone dengan berlangganan streaming musik legal seperti Spotify atau Apple Music. Namun dulu, orang-orang terlebih dahulu mengenal gadget bernama Walkman keluaran Sony. Walkman membawa inovasi mendengarkan musik bisa di mana saja yang awalnya memutar kaset harus menggunakan tape yang berukuran besar. Walkman ini adalah salah satu inspirasi munculnya iPod buatan Apple

Baca juga :  Harga Dan Spesifikasi Hp 4G Andromax R2 Terbaru Dari Smartfren

4. Pager

Gadget Jadul

Ini adalah gadget yang masa kejayaannya lumayan singkat. Perangkat pager memungkinkan penggunanya menerima pesan mirip SMS yang sifatnya satu arah dan tidak bisa membalasnya. Cara mengirim pesan ke pengguna pager adalah dengan menelepon operator Pager yang bersangkutan dan menitipkan pesan dan pesan tersebut akan diteruskan dengan format teks. Keberadaan Pager langsung tergantikan oleh SMS yang jauh lebih canggih dan murah. Dan sekarang kita sudah ada pesan instan seperti Whatsapp.

Share via :