5 Cara Mudah Menghentikan Cegukan yang Tidak Mau Berhenti

Menghentikan Cegukan

Cegukan ialah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan lazimnya terjadi berulang-ulang masing-masing menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru mengakibatkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta mengakibatkan terjadinya suara hik. Gimana sih cara mudah menghentikan cegukan ?.

Ada kalanya kalian cegukan tanpa sebab, sayangnya cegukan ini dapat mengganggu dan bahkan mengakibatkan rasa sakit andai tak kunjung berhenti, sebab tubuh tersentak-sentak tanpa dapat dikendalikan.

Jangan tidak dipedulikan saja gaes, kalian dapat mengatasinya supaya cegukan berhenti dan tidak membuatmu tersiksa. Dilansir dari Readersdigest, inilah 5 cara menghentikan cegukan yang tidak mau berhenti.

1. Tutup mulut

Coba tutup mulutmu untuk menyangga cegukan yang muncul. Bertambahnya karbon dioksida bakal membantumu menyingkirkan cegukan. Cara ini paling sederhana walau ada kalanya tidak begitu berhasil.

Baca juga :  Ternyata Inilah Penyebab Cegukan

2. Menekan telapak tangan

Tekan telapak tangan dengan ibu jari. Cara ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang lantas memengaruhi sistem saraf sehingga dapat menyingkirkan cegukan.

3. Menjulurkan lidah

Coba julurkan lidah secara maksimal membuka mulut. Gerakan ini akan memicu pembukaan antara pita suara (glotis) sampai-sampai kamu dapat bernapas lebih fasih sehingga dapat meredakan kejang yang mengakibatkan cegukan.

4. Menahan napas

Coba menyangga napas, teknik ini juga dapat meningkatkan karbondioksida di paru-paru sampai-sampai diafragma bakal rileks yang lantas membantu menyingkirkan cegukan.

5. Menutup telinga

Tutu telinga tidak cukup lebih 20-30 detik. Cara ini juga dapat menghentikan cegukan sebab membantu mengurangi area empuk di belakang daun telinga atau tepat di bawah pangkal tengkorak yang disinyalir bersangkutan dengan cegukan.

Jadi, andai kalian tanpa sengaja cegukan dan tak kunjung berhenti, jajaki cara mudah mencegah cegukan di atas deh gaes.

Baca juga :  Jangan Memakai Jilbab Saat Rambut Masih Basah, Ini Dampak Buruknya
Share via :