Inilah Beberapa Cara Menjaga Kebersihan Gigi

Cara Menjaga Kebersihan Gigi

Kebersihan gigi dan mulut adalah gerbang awal dari kesehatan tubuh. Pasalnya mulut menjadi saluran awal masuknya asupan gizi dan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Jika tidak merawat kebersihan gigi maka bakteri yang terbentuk di dalam mulut juga dapat terbawa ke dalam tubuh dan menimbulkan berbagai resiko kesehatan yang tentu tak diharapkan.

Meski demikian, seringkali kita menyepelekan masalah ini dengan malas menjaga kebersihan gigi. Hingga akhirnya, banyak penyakit yang datang bersama menimpa gigi kita. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan tiap hari. Cara menjaga kebersihan gigi yang akan kami bahas satu persatu berdasarkan jenis gigi pada artikel kali ini, apa saja ?. Check this out :

Cara Menjaga Kebersihan Gigi Behel

Bagi beberapa orang, pemakaian behel barangkali sangat menyusahkan. Behel gigi menjadikan gigi kalian tampak agak kekuningan serta menjauhkan kalian dari sejumlah jenis makanan keras dan lengket seperti apel, jagung, dan karamel. Perawatan behel gigi memerlukan lebih banyak waktu dan perhatian saat dibersihkan. Bahkan, behel pun sering mengakibatkan sakit gigi atau sariawan.

Dengan demikian, andai kalian malas merawat gigi dan behel kalian, hal tersebut malah akan menimbulkan hal dominan pada kesehatan mulut dan gigi kalian. Hal yang sangat umum terjadi ialah penumpukan plak gigi atau karang gigi, yakni lapisan kotoran yang menempel pada gigi dan rongga mulut kalian yang sarat dengan bakteri. Plak berikut yang menciptakan gigi kalian menjadi kuning.

Baca juga :  Manfaat Dan Khasiat Minyak Nilam Asli Indonesia Yang Diekspor Ke Amerika

Berikut adalah beberapa tips menjaga kebersihan gigi behel yang dapat kalian ikuti:

1. Gunakan Sikat Gigi Khusus Behel
2. Membersihkan Sela-sela Gigi dengan Dental Floss
3. Gunakanlah Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif
4. Lengkapi dengan Obat kumur
5. Mengkonsumsi Parasetamol
6. Sediakan Wax Ortodonti
7. Mengonsumsi Vitamin
8. Hindarilah Makanan Keras
9. Hindarilah Makanan yang Lengket
10. Bersihkan Mulut Setelah Makan
11. Kunjungan Teratur ke Ortodontis

Cara Menjaga Kebersihan Gigi Palsu

Gigi palsu merupakan gigi tiruan yang dibuat sesuai bentuk gigi dan gusi yang asli. Gigi ini dapat dipakai dengan cara dilepas dan pasang kembali. Ada juga yang permanen. Biasanya bahan untuk dasar gigi terbuat dari bahan plastik atau logam sedangkan giginya sendiri dapat terbuat dari logam, acrylic atau porselen.

Adapun cara merawat kebersihan gigi palsu, antara lain :

1. Merendam gigi palsu dengan air hangat atau cairan pembersih khusus
2. Menggunakan pasta higi khusus gigi palsu
3. Membersihkan dengan Ultrasonic
4. Gunakan wadah gigi palsu
5. Menggosokan dengan Lemon
6. Sering melepas gigi
7. Hindari rokok

Cara Menjaga Kebersihan Gigi Bayi

Gigi susu pada bayi atau balita perlu dijaga kesehatannya, karena gigi susulah yang akan membantu seorang anak dalam mengunyah, berbicara, tersenyum, dan tertawa, selama anak tersebut berusia kira-kira enam tahun. Lebih daripada itu, gigi susu memiliki peranan yang lebih penting, yaitu mempersiapkan tempat bagi gigi permanen untuk tumbuh.

Sejatinya, rahang seorang anak masih belum cukup untuk langsung menjadi tempat tumbuh 32 buah gigi tetap. Sehingga, inilah peran gigi susu, yaitu menciptakan ruang yang cukup bagi gigi tetap untuk tumbuh. Selain itu, gigi susu sebenarnya jadi acuan arah tumbuh gigi tetap, karena saat gigi tetap sudah siap untuk tumbuh, gigi permanen ini akan menggantikan gigi susu pada posisi gigi susu semula. Dengan begitu, gigi tetap akan tersusun dengan rapi dan teratur.

Baca juga :  Kebiasaan Ini Dapat Membuat Tubuh Anda Lebih Sehat

Merawat gigi bayi atau gigi susu, adalah salah satu cara untuk mempertahankan gigi susu tanggal tepat waktu, saat gigi tetap sudah siap untuk tumbuh.

Adapun cara merawat gigi susu pada bayi sebagai berikut :

1. Menyikat gigi dua kali sehari
2. Memilih pasta gigi tanpa rasa
3. Pilih sikat gigi dengan bahan sikat yang lembut dan ukuran kepala sikat yang kecil.
4. Sering melakukan pemeriksaan ke dokter gigi
5. Hindari pemberian minuman maupun makanan yang manis kepada bayi kalian.

Itulah beberapa cara menjaga kebersihan gigi. Semoga bermanfaat

Share via :