Inilah Cara Menghemat Uang Anda Secara Bijak

BCRITA.COMĀ – Setiap orang pada dasarnya menginginkan kesuksesan finansial dalam hidupnya, namun hanya sedikit saja yang berhasil meraihnya. Alasannya, karena tak semua orang bisa dan sanggup berhemat.

Sebelum anda memulai hidup hemat, maka anda harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan hidup hemat. Jika anda menilai bahwa hidup hemat = pelit dan sangat bertentangan dengan karakter serta kepribadian anda, maka anda keliru.

Mulai sekarang anda bisa mencoba dan mempraktekkannya di mulai dari hal-hal yang kecil dan mudah dahulu dalam menghemat uang anda, berikut ini cara menghemat uang anda secara bijak

1. Catat dan bukukan semua uang pemasukan dan pengeluaran anda.
Buat catatan yang sistematis guna memonitoring semua uang masuk dan uang keluar. Minimalkan uang pengeluaran dan maksimalkan sebagian besar uang yang anda sisihkan untuk ditabung. Disiplin, komitmen serta pengorbanan yang besar diperlukan pada tahap ini supaya rencana ini dapat dilakukan dengan sukses.

Ingat, perubahan akan selalu terasa tidak enak di masa-masa awal, terutama saat memutuskan untuk merubah pola hidup. Namun seiring waktu, maka anda akan menjadi terbiasa.

2. Simpan kartu ATM dan Kartu Kredit yang anda miliki.
Orang biasanya memiliki kecenderungan untuk bisa merasakan kenikmatan saat dengan mudahnya berhutang atau bisa mengeluarkan uang dengan mudah, dan anda jangan sampai terjebak dalam kenikmatan sesaat tersebut. Semakin anda merasa nyaman dengan pola hidup seperti itu, maka cita-cita untuk bisa hidup bahagia dari segi finansial di masa mendatang akan semakin jauh.

Baca juga :  Inilah 8 Cara Makan Orang Indonesia

Disiplinkan diri anda dan selalu ingat pada tujuan akhir. Nah, untuk menyiasati hal ini, maka anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan anda untuk keperluan bulanan dan simpan kartu-kartu tersebut dirumah agar lebih aman.

3. Rubah pola hidup konsumtif, gengsi dan hobi mahal yang memakan biaya.
Jangan pernah merasa malu dan minder saat anda harus memotong sebagian besar budget yang anda miliki untuk ditabung dan merubah gaya hidup anda. Merubah gaya hidup bukan berarti anda harus membuang “gaya” anda, tapi yang anda perlukan hanyalah menyiasatinya.

Sebagai contoh sederhana yang bisa anda lakukan misalnya, anda bisa mengganti hobi ke gym anda dengan melakukan jogging setiap pagi di komplek tempat tinggal anda atau jika anda terbiasa berbelanja di mal yang harus mengeluarkan banyak biaya, maka kini anda bisa berbelanja di pasar-pasar murah yang barangnya bisa ditawar. Bahkan jika anda pintar memilih, anda pun bisa mendapatkan barang murah yang berkualitas di tempat tersebut.

Baca juga :  Inilah 4 Harta yang Paling Berharga dalam Hidup

4. Buang pengeluaran rutin anda yang kurang diperlukan.
Buang pengeluaran rutin anda yang kurang diperlukan dan lakukan secara bertahap. Biaya pengeluaran rutin yang kurang memiliki banyak manfaat sebaiknya diminimalisir seminim mungkin atau buang saja jika memang diperlukan. Sebagai contoh misalnya, jika anda berlangganan TV Kabel, maka lebih baik anda stop saja karena hanya akan membebankan biaya pengeluaran anda. Meskipun terkesan murah, akan tetapi bayangkan jika dalam jangka waktu yang lama, tentu akan menghasilkan akumulasi biaya dengan jumlah yang besar bukan?.

Anda bisa menggantinya dengan menonton acara TV lokal saja yang murah meriah namun tetap mengasyikan. Jika anda berhasil melakukannya, maka secara bertahap anda pun bisa menerapkan ke hal-hal yang lain, misalnya berhenti berlangganan koran, majalah, kartu kredit, merampingkan anggaran kartu telepon selular dan lain sebagainya yang anda nilai bisa membebankan pengeluaran anda dan alokasikan biaya tersebut ke tabungan.

Share via :