Cara Mendidik Anak Secara Islami dan Metodenya

Cara Mendidik Anak Secara Islami

Metode Mendidik Anak Secara Islami

Supaya anak dapat tumbuh sesuai dengan keinginam orang tua dan si anak bisa menyerap pendidikan yang diberikan maka ada beberapa metode yang bisa digunaka. Adapun beberapa metode yang bisa orang tua laksanakan dalam cara mendidik anak secara islami, antara lain :

1. Metode pembiasaan diri

Metode pembiasan diri merupakan cara yang dipakai orangtua untuk membiasakan anak dalam melakukan sesuatu. Contohnya dalam melaksanakan ibadah shalat fardu tepat waktu, berpuasa, belajar membaca Alqur’an pada jam-jam tertentu, berpuasa, membaca doa sebelum makan, tidur dan lain lain. Dengan membiasakan anak maka si anak lama-lama akan terbiasa dan menjasi rutinitas saat dewasa nanti.

2. Metode keteladanan

Metode keteladanan merupakan cara yang pakai orang tua dengan memberi contoh kepada  misalnya pendidikan aqidah, ibadah maupun pendidikan akhlak. Contohnya seperti mengajari anak shalat dengan mencontohkan gerakannya atau mengajari anak membaca Al Quran dengan mencontohkan cara pelafalannya.

Baca juga :  Cara Mendidik Anak Perempuan Secara Islami

3. Metode pemberian pujian

Metode Cara Mendidik Anak Secara Islami dilakukan saat si anak melakukan suatu hal baik. Orang tua memuji anak saat anak mampu mengerjakan tugasnya dengan baik serta dapat berperilaku sesuai ajaran islam. Misalnya orang tua dapat memberi anak pujian jika ia mendapat nilai yang baik di sekolahnya.  Tetapi sebagai orang tua jangan sekali-kali menghina sang anak saat ia melakukan kesalahan. Sebagai orang tua harus memberi nasihat kepada anak dengan lemah lembut jika si anak membaut suatu kesalahan.

4. Metode pemberian hukuman

Jika anak berbuat salah orangtua dapat memberikannya hukuman sebagai suatu bentuk pembelajaran agar ia tidak mengulangi kesalahannya tersebut dimasa yang akan datang. Berikan anak hukuman yang dapat membuatnya sadar akan kesalahannya namun jangan pernah menganiaya anak dengan mencaci atau menganiayanya. Memberikan hukuman atau dalam bahasa arab disebut dengan iqab adalah cara terakhir yang dapat dipilih orangtua bilamana anak sudah tidak mempan dinasehati.

Baca juga :  Cara Mendidik Anak Laki Laki Secara Islami

5. Metode ceramah

Metode Cara Mendidik Anak Secara Islami ceramah adalah salah satu metode yang paling banyak dilakukan dalam pendidikan. Rasulullah sendiri mengajarkan islam pada umatnya pertama kali dengan menggunakan metode ceramah. Dengan berceramah, orangtua dapat memberi pelajaran kepada anaknya dan menyampaikan nilai-nilai penting di dalamnya.

Share via :