Beberapa Alasan Pro dan Kontra Membawa HP ke Sekolah

Banyak sekolah,terutama sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), melarang siswanya membawa hp ke sekolah, tetapi banyak juga yg memperbolehkan membawa HP tapi dengan berbagai syarat.Sebagian orang menganggap ini sangat bagus dan positive (Pro) ada juga yang menganggapnya negative (Kontra). Dengan demikian, pelarangan siswa membawa HP ke sekolah menuai perdebatan. Beberapa Alasan Pro dan Kontra membawa HP ke sekolah, cekidot :

Beberapa orang yang pro membawa HP memiliki alasan sebagai berikut  :

1. Yang pertama yaitu orang tua dapat menghubungi anaknya baik secara langsung (melalui telepon) atau tidak langsung (melalui SMS).

2.Setidaknya orang tua merasa nyaman karena dapat berkomunikasi dengan anaknya jika terjadi perubahan jadwal,kondisi darurat,dan sejenisnya yg bersifat penting. Jika siswa tidak membawa HP ke sekolah,para orang tua akan perlu menghubungi nomer sekolah yang biasanya sibuk,atau juga ada orang tua yang repot-repot datang ke sekolah dan itu akan memakan waktu yang banyak

Baca juga :  Tidak Sekolah

3.Telepon seluler dapat digunakan sebagai alat bantu,terutama telepon yang dilengkapi dengan beberapa aksesoris,seperti kalkulator,kamera dan internet.Aplikasi ane dapat membantu di bidang akademik.

Beberapa orang yang kontra membawa HP memiliki alasan sebagai berikut  :

1.Aplikasi yg tersedia di telepon dapat menganggu konsentrasi siswa dalam pembelajaran di sekolah.Aplikasi di smartphone kini mulai banyak dan beragam,saat siswa belajar,pasti pikirannya tertuju kepada aplikasi yg ada di smartphone nya.Kadang juga ada yg diam-diam bermain hp saat jam pelajaran dimulai.

2.Siswa dapat menemukan hal negatif di internet.Saat browsing di internet,ada iklan porno,karna penasaran,si siswa membuka situs tersebut dan menontonnya

3.Aplikasi internet di hp memberikan kesempatan untuk berbuat curang.Saat ulangan,banyak siswa yg tidak bisa menjawab pertanyaan dan mengambil jalan pintas dengan mencari di internet.

Kesimpulannya adalah cara untuk mengatasi masalah ini adalah pihak sekolah bermusyawarah dengab para orang tua,bagaimana jika siswa di bolehkan membawa hape ke sekolah dengan peraturan yang wajar.Dan semuanya kembali kepada pemakaian para siswa sendiri.

Baca juga :  Kami Kok Nari Sih?

Share via :