Alasan Kualitas Pendidikan Indonesia Tak Bisa Sebaik Finlandia

Faktor sosio-kultural masyarakat

Kualitas Pendidikan Indonesia

Masyarakat Indonesia itu unik. Mereka memiliki cara tersendiri untuk mendidik anak tanpa sekolah. Faktor sosial budaya merupakan salah satu alasan Pendidikan Indonesia tidak bisa sebaik Finlandia, karena apapun cara pemerintah memberikan keleluasaan untuk bersekolah. Jika masyarakatnya malah menomorduakan kepentingan pendidikan, maka potensi anak yang sebenarnya dapat dikembangkan melalui pendidikan tak bisa berkembang dan tereksplorasi.

Baca juga : 15 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja dan Dibutuhkan di Masa Mendatang

Renggangnya seleksi penerimaan mahasiswa keguruan

Kualitas Pendidikan Indonesia

Seleksi kuliah untuk pnerimaan mahasiswa keguruan sebaiknya dilakukan secara ketat, dalam arti hanya mereka yang punya punya indikator dan kompentensi sebagai guru saja yang dapat lolos. Karena bukan tidak mungkin, besarnya peluang masuk di jurusan ini akan menjadikan fakultas keguruan menjadi pilihan terakhir. Itu karena calon mahasiswa sudah putus asa sebab tak lolos pada jurusan lain. Dampak tidak adanya minat mahasiswa dalam mendalami ilmu pendidikan ini, adalah mahasiswa tidak serius dalam menjalani studi, berorientasi pada nilai bukan terhadap kompetensi, dan kualitas lulusan nantinya tak sesuai dengan kebutuhan.

Lebih mengutamakan lamanya belajar ketimbang kualitas pengajaran

Kualitas Pendidikan Indonesia

Guru besar dari Universitas Turku, Finlandia, Profesor Erno August Lehtinen memaparkan bahwa yang terpenting dalam suatu pendidikan adalah kualitas pengejarannya, bukan lamanya suatu pembelajaran. Jika dibandingkan dengan pendidikan di Indonesia akan terlihat jelas perbedaannya.

Baca juga :  Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Untuk Pekerjaan di Masa Depan

Pembelajaran Indonesia mempunyai durasi yang lama sehingga membuat hasil belajar tak maksimal. Bahkan, masih ada PR yang wajib dikerjakan, belum lagi si anak ikut les. Hal tersebut membuat porsi belajar si anak akan terlalu banyak dan dengan banyaknya beban akan menghambat tumbuh kembang mereka.

Share via :