9 Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal dan Hati

cara menjaga kesehatan ginjal

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang harus kita lakukan setiap hari. Mulai dari melakukan olahraga ataupun menjaga asupan makanan dan minuman yang kita cerna tiap hari. Pentingnya kesehatan bukan hanya untuk kepentingan kita sendiri tetapi juga kepentingan keluarga kita, terutama dalam hal menjaga kesehatan ginjal kita.

Ginjal sangat penting dalam mengatur keseimbangan asam dan basa, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, pengaturan tekanan darah, dan membantu mempertahankan kalsium pada tulang. Begitu pentingnya ginjal bagi tubuh kita, kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal dan hati. Berikut adalah tips cara menjaga kesehatan ginjal dan hati :

1. Banyak minum air putih

Air putih ialah salah satu cairan yang dapat membantu menaikkan metabolisme tubuh dan membantu melancarkan pencernaan. Dengan banyak minum air putih, maka beban kerja ginjal pun akan terbantu, sehingga mengurangi terjadinya gangguan pada ginjal.

2. Olahraga rutin

Olahraga rutin sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dengan kondisi tubuh terjaga dan sehat, maka beban ginjal menjadi ringan dan dapat terhindar dari resiko penyakit pada organ ginjal.

3. Mengontrol berat badan

Berat badan harus selalu dijaga agar beban ginjal tidak terlalu berlebihan. Berat badan yang tidak dijaga biasanya karena tingginya kandungan lemak pada tubuh. Lemak pada tubuh dapat menghambat kinerja ginjal.

Baca juga :  9 Hal Yang Tak Ternilai Dengan Uang

4. Hentikan merokok dan mengkonsumsi alkohol

Mengkonsumsi rokok dan alcohol yang berlebihan akan sangat mengganggu kinerja ginjal, sehingga ginjal tidak akan berfungsi secara maksimal. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya gangguan ginjal.

5. Hindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri

Usahakan tidak mengkonsumsi atau coba untuk menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri. Ini dikarenakan kedua jenis obat tersebut dapat merusak ginjal kita atau jikapun mau digunakan konsultasi kepada dokter spesialis terlebih dahulu.

6. Selalu Awasi kandungan kolestrol dan tekanan darah

Selalu perhatikan kondisi tekanan darah dan kolestrol, terutama bila kita memiliki keturunan darah tinggi dan kolestrol. Jangan pernah meremehkan kondisi darah tinggi dan kolestrol tinggi, karena akan berbahaya bagi ginjal dan hati kita.

7. Hindari stres

Stres yang menyerang kita bisa membuat tekanan darah kita menjadi naik dan seperti yang sebelumnya dijelaskan, jika tekanan darah tinggi maka risiko terserang penyakit ginjal pun akan menjadi lebih tinggi.

Baca juga :  Perempuan Bertubuh Pendek itu Lebih Susah Menurunkan Berat Badan

8. Aktif bergerak

Cara menjaga ginjal dan hati bisa dengan sangat mudah, yakni beraktivitas fisik. Anda harus aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan, karena kesehatan Anda bisa terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan.

9. Rutin melakukan medical check up

Dengan melakukan medical check up, maka sedari dini kita dapat mendeteksi apa yang terjadi pada organ tubuh kita seperti ginjal dan hati, apakah berfungsi normal atau tidak. Medical check up untuk ginjal biasanya menggunakan test darah atau USG, jadi sangat mudah.

Itulah cara menjaga kesehatan ginjal dan hati yang bisa kita mulai sedari dini sebelum penyakit ginjal dan hati datang menimpa kita. Semoga bermanfaat.

Share via :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.