Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Untuk Pekerjaan di Masa Depan

Desain Komunikasi Visual

Saat ini kita sudah tidak asing lagi dengan jurusan desain komunikasi visual atau yang biasa disingkat menjadi DKV. Bahkan jurusan desain komunikasi visual ini sudah nyaris menjadi jurusan wajib untuk banyak Universitas negeri maupun swasta di Indonesia dikarenakan banyaknya penggemar jurusan DKV ini. Namun, apa sih DKV itu? Mungkin sejumlah dari kamu tetap ada yang belum mengetahuinya. Yuk, cari tahu lebih lanjut lewat penjelasan-penjelasan Desain Komunikasi Visual dibawah ini.

Apa yang dimaksud dengan desain komunikasi visual (DKV) ?

Desain Komunikasi Visual ialah sebuah cabang keilmuan yang mempelajari berbagai bentuk komunikasi dan ungkapan kreatif, kiat dan juga media dengan memanfaatkan banyak elemen visual untuk menyampaikan pesan guna mencapai tujun tertentu. DKV adalah perpaduan antara seni desain tradisional dan modern, dimana menggunakan pensil, kertas dan teknologi. Baca juga mengenai inilah 15 universitas di jakarta yang terbaik dan terakreditasi tinggi.

Fungsi Desain Komunikasi Visual

Apa saja manfaat jika kita mempelajari dan menguasai Desain Komunikasi Visual ini?. DKV bisa dijadikan sebagai sarana identifikasi. Dengan menciptakan desain visual mengenai seseorang atau suatu produk, maka akan bisa membuatnya menjadi lebih gampang untuk dikenali konsumen. Baca juga mengenai 15 jurusan yang banyak peluang kerja dan dibutuhkan di masa mendatang

Kemudian yang kedua ialah sebagai sarana instruksi dan informasi. DKV digunakan untuk mengindikasikan hubungan antara hal yang satu dan lainnya dalam petunjuk, arah, skala, dan posisi. Kemudian kunggulan lainnya jika kamu menguasai Desain Komunikasi Visual ialah sebagai sarana promosi dan presentasi.

Unsur – Unsur Desain Komunikasi Visual

Dalam masing-masing bidang ilmu pengetahuan, pastinya ada sekian banyak unsur – bagian yang urgen di dalamnya. Unsur – bagian tersebut ialah warna. Dengan warna, orang dapat menampilkan identitas, mengucapkan pesan, atau memisahkan sifat-sifat visual secara jelas. Unsur berikutnya ialah format. Adapun Format ialah unsur yang membedakan dalam desain komunikasi visual yang mendefinisikan besar kecilnya sebuah objek. Dengan memakai unsur format ini kamu dapat membuat kontras dan penekanan pada objek desain yang kamu buat. Baca juga mengenai inilah 13 universitas farmasi terbaik di indonesia.

Baca juga :  Lebih Enak Pilih Sendiri atau Dipilihin Orang Lain ?

Berikutnya ialah tekstur, yang adalah tampilan permukaan dari sebuah benda yang bisa dinilai dengan teknik dilihat atau diraba. Selanjutnya terdapat ruang, yang adalahjarak antara suatu format dengan format lainnya pada objek yang sedang didesain. Lalu terdapat garis, dimana sebagai unsur yang menghubungkan satu titik dengan titik lainnya sehingga bisa membentuk garis lengkung ataupun garis lurus. Terakhir tak ketinggalan ialah bentuk, yakni segala urusan yang mempunyai diameter tinggi dan lebar.

Jurusan DKV di Perkuliahan

Visual, yang terbukti tidak sedikit peminatnya. Sebenarnya apa saja sih yang dipelajari dalam jurusan DKV ini? Banyak hal-hal fundamental yang dipelajari di program studi DKV. Mengembangkan format bahasa visual (bermain gambar), mengubah pesan (bermain kata) dua-duanya untuk destinasi sosial maupun komersial, dari pribadi atau kumpulan yang ditujukan kepada kumpulan lainnya. Baca juga mengenai 15 kampus kelas karyawan terbaik di jakarta dan biaya kuliah kelas karyawan.

DKV harus kreatif dan inovatif dimana dapat menyampaikan pesan yang komunikatif, tepat guna dan efektif saling mendukung supaya tersampaikan dengan baik pada tujuan. Cakupan kegiatan desain komunikasi pun sangat luas, antara lain: mulai dari label produk / makanan, desain logo yang mencitrakan suatu lembaga / perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye suatu program, sampai membuat iklan di media massa, dsb.

Baca juga :  Universitas Negeri Terbaik di Jakarta Terakreditasi

Banyak hal-hal fundamental yang dipelajari di program studi DKV. Mengembangkan format bahasa visual (bermain gambar), mengubah pesan (bermain kata) dua-duanya untuk destinasi sosial maupun komersial, dari pribadi atau kumpulan yang ditujukan untuk kelompok lainnya.

Cakupan kegiatan desain komunikasi paling luas, antara lain: mulai dari label produk / makanan, desain logo yang mencitrakan suatu lembaga / perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye suatu program, sampai membuat iklan di media massa, dsb. Baca juga mengenai jurusan dalam fakultas dan program studi di universitas jember.

Jika kamu menyukai design dan juga multimedia, kamu akan cocok di jurusan DKV, bukan ke jurusan ilkom/IT. Jurusan ini memang belum sepopuler jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika. Tapi disinilah sisi kreatif kamu akan diasah.

Universitas Yang Memiliki Jurusan Desain Komunikasi Visual

Beberapa universitas yang memiliki jurusan Desain Komunikasi Visual antara lain ITB, Unpad, Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI). Baca juga mengenai universitas brawijaya memiliki kantin halal pertama di indonesia.

Untuk Universitas Swasta bisa ke Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung, IKJ, Binus, Trisakti, Itenas, Unikom, Untar, UPH, , Universitas Esa Unggul dan Telkom University.

Share via :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.