Tanda Jodoh Menurut Islam dan Cara Cepat Mendapatkannya

Jodoh Menurut Islam

jodoh menurut islam2

Ikhtiar yang bisa kita lakukan dalam mencari jodoh menurut islam

Berdoa kepada Allah swt agar diberikan jodoh yang baik.

Misalnya dengan shalat Hajat. Allah swt telah berjanji dalam firmanNYA bahwa muslim yang baik adalah untuk muslimah yang baik dan lelaki yang buruk adalah untuk wanita yang buruk pula, maka tugas seorang muslimah yang baik adalah berikhtiar dengan sungguh-sungguh dan berdo’a kepada Allah agar mendapatkan jodoh yang baik dengan cara yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Salah satu kekuatan dari seorang muslim yang baik adalah doa. Ya, segala sesuatu yang ada di bumi dan di langit merupakan kekuasaan Allah, oleh sebab itu bila kita menginginkannya tentu tidak ada cara yang lebih baik selain meminta kepadaNya. Tetapi kadang ada orang yang mengelu “Saya sudah berdoa dan meminta kepada Allah tetapi sampai sekarang belum dikabulkan”. Ketahuilah wahai saudaraku Allah itu adalah maha mengabulkan doa seluruh hambanya bila doa kamu belum dikabulkan tentu ada penyebabnya.

Bisa jadi doa itu akan menjadi tabungan di akhirat kelak, bisa jadi juga Allah tidak mengabulkan apa yang engkau minta karena banyaknya dosa yang telah kita lakukan. Untuk itu alangkah baiknya sambil menunggu terkabulnya doa kita bisa dibarengi dengan memperbanyak membaca istiqfar dan memohon ampun atas segala dosa yang telah kita kerjakan.

Meminta kepada orang tua/wali untuk dicarikan jodoh yang baik.

Dalam Islam sebenarnya masalah jodoh bagi muslimah bukanlah menjadi tanggung jawab sendiri tetapi menjadi tanggung jawab orang tua atau wali. Pendekatan atau khalwat yang dilakukan sebelum ada ikatan pernikahan dengan alasan saling mengenal antara keduanya tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam.Bahkan pendekatan ini tidak selalu menjamin menjadi rumah tangga yang langgeng karena biasanya pendekatan yang dilakukan sebelum pernikahan lebih mengedepankan sisi subjektivitas antara keduanya. Baca juga tentang 15 tanda teman jadi jodoh kamu.

Baca juga :  Mblo, Ke Sumur Jodoh Cirebon Yuk

Mengerjakan Sholat Wajib dan Sholat Sunnah

Allah menyukai hambanya yang taat mengerjakan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang. Oleh karena itu mengerjakan yang wajib dan menghidupkan sunnah adalah salah satu cara agar kita mendapatkan ridho dari Allah. Ketika ridho Allah telah kita dapatkan Insya Allah apa yang diberika olehNya pasti baik untuk kita.

Dengan dekatnya kita pada Allah maka akan memudahkan terkabulnya hajat yang kita inginkan termasuk dengan Jodoh. Rutinkanlah untuk sholat wajib secara tepat waktu dan menjalankan sholat-sholat sunnah seperti sholat dhuha, sholat hajat, sholat tahajjud, dan sholat sunnah yang lain.

Melalaui Mediator misalkan teman, saudara, atau orang lain yang dapat dipercaya.

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak(berkawin)dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan.Jika mereka miskin Allah akan memampukan dengan karuniaNYA. Dan Allah maha luas lagi maha mengetahui. Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaknya menjaga kesuciaan(diri)nya sehingga Allah memampukan mereka dengan karuniaNYA (QS.An Nuur:32-33).

Memperbaiki Diri dan Mencarinya

Setelah berdoa kepada Allah terus langkah apalagi yang harus kita lakukan? Tentu saja kita harus memantaskan diri dan beriktiar agar bisa mendapatkan pasangan yang baik sesuai dengan keinginan kita. Karena jodoh dan rezeki itu tidak akan turun saja dari langit maka kita perlu untuk beriktiar mendapatkannya. Tentu saja cara mendapatkannya dengan cara yang baik ya, jangan melalui cara yang dilarang oleh agama.

Bila kamu ingin mendapatkan pasangan yang tentu saja tentu saja terlebih dahulu kamu harus memperbaiki diri kamu. Jangan mengharapkan mendapatkan jodoh yang baik bila kamu tidak mau untuk memperbaiki diri. Karena jodoh itu ibarat sebuah cermin bagi kita, kualitas pasangan kita kelak akan bergantung dengan kualitas diri kamu saat ini. Baca juga mengenai 8 tips menunggu dan menjemput hadirnya jodoh.

Baca juga :  18 Tanda Tanda Jodoh Dari Allah SWT

– Jangan Terlalu Pilih-pilih

Tidak ada makhluk yang sempurna kecuali Allah, termasuk manusia yang memiliki banyak sekali kekurangan. Baik pria atau wanita sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tetapi sebagian orang banyak mempermasalahkan perbedaan tersebut. Seharusnya dengan adanya perbedaan tersebut mereka saling melengkapi satu sama lain. Sifat terlalu pilih-pilih dalam mencari pasangan akan memperlambat kita dalam mendapatkan jodoh.

Janganlah terlalu memberikan syarat yang terlampau berat atau mencari yang sempurna. Nilailah pasangan yang dipilih dari segi akhlak dan juga agamanya. Bila kedua hal itu baik maka tidaklah perlu lagi mempertimbangan syarat yang lain seperti kekayaan, pangkat atau masalah fisik. Karena untuk membuat keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah yang diperlukan adalah komitmen bersama dalam membangun rumah tangga dan juga mencari ridho Allah.

– Mencari sendiri dengan syarat tidak langsung, tetapi bersama pihak ketiga.

Rasulullah pernah memberikan kriteria untuk menentukan pilihan pasangan hidup bagi seorang muslimah yang apa bila dilaksanakan insya Allah rumah tangga sakinah, mawadah dan rahmah akan dirasakanya kemudian.

Baca juga : 17 Tanda-Tanda Dia Adalah Jodoh Terbaik yang Diciptakan Tuhan Untuk Kita

Next : Doa cepat untuk mencari jodoh

Share via :

1 Comment on Tanda Jodoh Menurut Islam dan Cara Cepat Mendapatkannya

  1. Mau cari jodoh tampan mapan muda perjaka bertanggung jawab sukses islam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.