Inilah 5 Stadion Terbesar di Dunia, Bisa Tampung Ribuan Penonton

Stadion Terbesar di Dunia

Jika ada pertandingan antar klub, antusiasme penggemar sepak bola dapat membuat stadion penuh. Beberapa negara sampai membuat stadion yang besar, dimana stadion tersebut bisa menampung puluhan sampai ratusan ribu penonton yang datang.

Stadion sepak bola juga bisa mewakili kebesaran dan kemegahan tim tuan rumah. Beberapa tahun yang laluTimnas Indonesia juga pernah disegani sebagai macan Asia karena berbagai prestasi yang membanggakan. Stadion Gelora Bung Karno pernah menjadi salah satu stadion terbesar ddi dunia pada tahun 60-an. Beberapa negara sampai membuat stadion yang besar, dimana stadion tersebut bisa menampung puluhan sampai ratusan ribu penonton yang datang. So, penasaran dimana saja saat ini yang menjadi stadion terbesar di dunia? Simak yuk ulasan berikut ini :

1. FNB Stadium

Posisi ke-5 ada Stadion First National Bank yang terletak di Johannesburg, Afrika Selatan. Stadion ini adalah pusat tempat untuk Asosiasi Sepak bola Afrika Selatan (SAFA). Sebagai stadion sepak bola-spesifik, FNB Stadium bisa mendudukkan 78.000 orang di tempat duduk berbentuk ember plastik. Stadion ini memiliki kapasitas ketiga terbesar di Afrika. Kebanyakan peristiwa sepak bola yang paling besar di Afrika Selatan dimainkan di FNB dan tempat lebih baik dan cocok untuk peristiwa ini daripada di Ellis Park yang berdekatakan, di mana final dari Piala Dunia Rugby pada 1995 digelar.

Baca juga :  Ternyata Pelaku Bom Bunuh Diri Brussel Adalah Murid Teladan di Sekolah Katolik

2. Azadi Stadium

Selanjutnya ada Azadi Stadium yang berada di Teheran, Irak. Stadion ini berkapasitas 100.000 tempat duduk untuk penonton dan menjadi stadion kebanggaan penduduk Iran. Stadion ini merupakan stadion sepak bola terbesar di Iran dan sering digunakan untuk pertandingan-pertandingan resmi maupun persahabatan oleh tim nasional sepak bola Iran. Stadion ini merupakan bagian dari Kompleks Olahraga Azadi.

Stadion ini dibangun pertama kali tahun 1973 dan diresmikan pada tahun itu juga untuk penyelenggaraan Asian Games 1974 di Iran. Pada tahun 2002 stadion ini direnovasi untuk mengurangi kapasitas tempat duduk penontonnya dari 100.000 menjadi 90.000 tempat duduk. Stadion ini pernah diberi nama Stadion Aryamehr sebagai penghargaan dari anggota Shah Iran namun beberapa waktu kemudian kembali menjadi Stadion Azadi setelah Revolusi Iran tahun 1979.

Baca juga :  Inilah Wajah Asli Orang Korea dan Fakta Mengenai Operasi Plastik di Korea

Stadion Azadi pernah menjadi saksi sejarah sepak bola Iran saat tim nasional sepak bola Iran melawan tim nasional sepak bola Australia yang berakhir imbang 0-0 dan imbang 2-2 di kandang Australia dan meloloskan Iran ke Piala Dunia 1998 di Perancis karena unggul agregat gol di kandang lawan.

3. Estadio Azteca

Meksiko memiliki stadion besar yang bisa menampung 115.000 penonton, meskipun bisa dikurangi karena alasan keamanan dan menjadi 95.000. Stadion ini pernah dipakai untuk babak final Piala Dunia FIFA 1970 dan Piala Dunia FIFA 1986. Beberapa waktu lalu stadion ini dikabarkan mengalami kerusakan karena guncangan gempa.

Share via :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.