Cara Mendidik Anak Secara Islami dan Metodenya

Cara Mendidik Anak Secara Islami

6. Metode tanya jawab

Namanya anak-anak pasti memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan mereka senantiasa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum ia ketahui. Saat anak bertanya maka orangtua harus menjawabnya dengan jawaban yang baik dan bisa dimengerti oleh si anak. Cara bertanya jawab ini juga merupakan salah satu cara yang efektif dalam cara mendidik anak seacar islami sebagaimana yang tercantum dalam firman Allah SWT dalam surat An Nahl ayat 43 yang mempunyai arti :

“Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” (An nahl : 43)

7. Metode diskusi

Sebagai orang tua dalam Cara Mendidik Anak Secara Islami kita harus meluangkan waktu untuk anaknya terutama saat berdiskusi. Dalam mengajar anak bersifat adil, jujur dan demokratis maka orang tua bisameberikan pelajaran kepada anaknya dengan menggunakan metode diskusi atau bermusyawarah. Dengan berdiskusi anak akan dirangsang  pengetahuannya dan dituntun dalam memecahkan masalah.

Baca juga :  Cara Mendidik Anak Laki Laki Secara Islami

8. Metode Bercerita Kisah

Metode bercerita kisah merupakan cara mengajar yang disukai oleh anak. Pada dasarnya anak-anak suka mendengarkan kisah dari orangtuanya. Metode ini membuat orangtua harus membacakan kisah-kisah suri tauladan yang baik kepada anaknya. Misalnya orang tua membacakan kisah tentang Rasul, para sahabat dan para nabi. Dari kisah-kisah keteladan tersebut anak akan belajar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian cara mendidik anak secara islami yang dapat dicoba bagi para orang tua. Mendidik anak secara islami memang bukan hal yang mudah. Tetapi juga bukan tidak mungkin orangtua bisa dalam mendidik anaknya secara islami dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Share via :