Cara Mendidik Anak Secara Islami dan Metodenya

Cara Mendidik Anak Secara Islami

Cara Mendidik Anak Secara Islami

Cara Mendidik Anak Secara Islami adalah suatu kewajiban kita sebagai orangtua yang harus kita lakukan. Menurut agama islam, anak merupakan seorang penerus, nasab atau keturunan dari orang tuanya. Anak juga bisa dijabarkan sebagai hasil hubungan antara kedua orang tuanya dari suatu ikatan pernikahan. Ketika anak lahir dia menjadi fitrah dan berkah tidak hanya bagi orangtuanya saja melainkan untuk semua kelurganya

Saat seorang anak lahir maka dia membawa harapan besar untuk orangtuanya dan keluarganya. Semua keluarga di dunia ini pasti mau anaknya kelak menjadi anak yang sholeh, baik, berbakti serta sukses di dunia dan di akhirat. Perlu kita ketahui bahwa karakter anak serta masa depan anak bisa dimulai sedari dini. Dengan cara mendidik anak secara islami sepatutnya dilakukan atas dasar agama islam. Itu dilakukan supaya orangtua mengetahui bagaimana mendidik anak secara islami dan cara mengajarkan anak di usia dini. Seperti penjelasan dibawah ini.

Pendidikan Bagi Anak Secara Islami

Pendidikan bagi anak sangatlah penting karena proses perkembangan anak, dia akan selalu belajar dan menyerap hal-hal baru yang ia terima dari orangtua atau lingkungannya. Anak mempunyai hak dalam mendapatkan pendidikan.

Baca juga :  Cara Mendidik Anak Laki Laki Secara Islami

Dalam membentuk karakter anak yang baik dan sholeh atau sholehah maka orangtua wajib menanamkan pendidikan secara islami sejak dini. Pendidikan yang dimaksud merupakan pendidikan yang diberikan kepada anak atas dasar nilai-nilai dalam agama islam yanga ada dalam Alqur’an  dan hadits. Adapun Cara Mendidik Anak Secara Islami yang perlu diajarkan kepada anak kita, antara lain :

1. Pendidikan Aqidah Untuk Anak

Pendidikan aqidah merupakan pendidikan untuk menanamkan aqidah pada anak. Orang tua akan selalu mengajarkan bahwa tidak ada Tuhan lain yang patut disembah selain Allah SWT dan menyekutukan Allah SWT merupakan suatu dosa besar.Pendidikan aqidah merupakan salah satu upaya untuk menanamkan iman dalam diri anak sejak dini.

2. Pendidikan Ibadah Untuk Anak

Pendidikan ibadah untuk anak ditanamkan oleh orang tua dengan mengajarkannya dalam melaksanakan shalat berjamaah dan shalat tepat. Kemudian orang tua mengajarkan anak untuk membaca Alqur’an, berpuasa di bulan ramadhan,  berzakat maupun ibadah lainnya. Dalam Cara Mendidik Anak Secara Islami Orangtua juga harus memberi pengertian pada anak bahwa ibadah-ibadah yang dilaksanakannya tersebut penting.

Baca juga :  Cara Mendidik Anak Laki Laki Secara Islami

3. Pendidikan Akhlak Untuk Anak

Pendidikan akhlak untuk anak meurpakan pendidikan yang ditanamkan oleh orang tua kepada anak berupa moral. Ini dilakukan supaya anak tumbuh menjadi pribadi yang baik, sopan, jujur, bertanggung jawab, ikhlas, serta memiliki sifat sifat mulia lainnya. Pasti tidaklah mudah bagi orang tua dalam menanamkan pendidikan akhlak dalam waktu singkat.  Tetapi dengan konsistensi dan kesabaran dan juga menggunakan beberapa metode, orangtua akan mampu membentuk karakter anak yang mulia tersebut.

Selanjutnya metode mendidik anak secara islami >>

Share via :