Inilah 15 Universitas di Jakarta yang Terbaik dan Terakreditasi Tinggi

12. Universitas Indraprasta PGRI (Unindra)

Universitas Indraprasta PGRI atau sering disebut Unindra adalah salah satu universitas swasta di Jakarta, kampusnya berada di Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan dan didirikan oleh Yayasan Pembinaan Lembaga Pendidikan PGRI.

Unindra merupakan satu-satunya perguruan tinggi di wilayah DKI Jakarta yang berada di bawah naungan organisasi PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Unindra secara resmi terbentuk pada tahun 2004 melalui Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (cq. Dirjen Dikti Depdiknas) nomor 142/D/O/2004 tanggal 6 September 2004, sebagai pengembangan dari STKIP PGRI Jakarta.

Terdapat 3 Fakultas & 1 Program di Unindra, diantaranya :

– Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial (FIPPS)
– Fakultas Teknik, Matematika & IPA (FTMIPA)
– Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)
– Program Magister Pendidikan (M.Pd.)

Semua program studi yang diselenggarakan baik S1 maupu S2 telah terakreditasi atau mendapat ijin resmi dari Departemen Pendidikan Nasional (c.q. Dirjen Dikti Depdiknas) dan bahkan telah mendapat penilaian peringkat akreditasi dari BAN-PT (Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi). Bahkan beberapa diantaranya mendapat penilaian peringkat akreditasi A (sangat baik), yaitu program studi: Pedidikan bahasa Inggris (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Ekonomi (S1) dan Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (S1).

Dalam rangka memberi peluang para guru atau karyawan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan ke jenjang sarjana, UNINDRA selain menyelenggarakan program perkuliahan reguler juga membuka program perkuliahan non-reguler. Waktu kegiatan program non-reguler dilakukan di luar jam kerja pada hari Senin sampai Minggu.

13. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA)

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) adalah salah satu universitas swasta di Jakarta, yang merupakan salah satu dari jaringan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Universitas ini berdiri sejak 18 November 1957, atau bertepatan dengan 25 Rabiul Awal 1377 Hijriah.

UHAMKA sebagai Universitas di Jakarta saat ini memiliki delapan kampus, yaitu:

– Kampus A di Jl. Limau II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
– Kampus B di Jl. Tanah Merdeka, Ciracas, Jakarta Timur
– Kampus C di Jl. Delima II, Perumnas Klender, Jakarta Timur
– Kampus D di Jl. Matraman No. 21. Jakarta Timur
– Kampus E di Jl. Tanah Merdeka No.6, Ciracas, Jakarta Timur
– Kampus F di Jl. Warung Jati Barat, Pancoran, Jakarta Selatan
– Kampus G di Jl. Gandaria IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

UHAMKA memiliki 8 fakultas pada program sarjana (S1), dan untuk program studi magister (S2) dikelola oleh Sekolah Pascasarjana (SPS UHAMKA). Fakultas-fakultas yang ada di UHAMKA adalah:

– Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
– Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
– Fakultas Teknik,
– Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan,
– Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
– Fakultas Psikologi,
– Fakultas Farmasi dan Sains, dan
– Fakultas Agama Islam.

14. Universitas Kristen Indonesia (UKI)

Universitas Kristen Indonesia adalah sebuah lembaga pendidikan di Indonesia yang berada di Jakarta, Indonesia. Sesuai dengan motonya yaitu “Melayani bukan dilayani”, UKI hadir untuk melayani dan mengabdi kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan pendidikan sebaik-baiknya.

Saat ini FKIP-UKI memiliki enam program studi :

– Bimbingan dan Konseling
– Pendidikan Bahasa Inggris
– Pendidikan Agama Kristen
– Pendidikan Matematika
– Pendidikan Biologi
– Pendidkan Bahasa Mandarin

Mahasiswa FKIP-UKI untuk memperoleh ijazah S-1, diwajibkan menempuh 150 sampai dengan 160 satuan kredit semester (tergantung program studi yang dipilihnya). Jumlah ini dapat diselesaikan dalam jangka waktu 3,5 tahun.

FKIP-UKI selain membuka program reguler, juga menawarkan kelas khusus yang dinamakan Alih Program. Perkuliahan untuk program ini diadakan pada hari Kamis, Jumat dan Sabtu. Program ini ditujukan bagi para guru – guru atau praktisi pendidikan yang ingin mendapatkan ijasah S-1 bidang kependidikan namun mempunyai waktu yang terbatas. Program ini sangat ideal bagi peserta yang saat ini telah bekerja. Untuk saat ini, kelas alih program yang ditawarkan adalah :

1. Program Pendidikan Bahasa Inggris
2. Program Pendidikan Agama Kristen
3. Program Pendidikan Matematika
4. Program Pendidikan Biologi

Share melalui :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*