Inilah 15 Universitas di Jakarta yang Terbaik dan Terakreditasi Tinggi

9. Universitas Nasional (Unas)

Universitas Nasional (disingkat Unas) adalah universitas di Jakarta yang tertua dan merupakan perguruan tinggi kedua tertua di Indonesia. Unas didirikan pada 15 Oktober 1949 atas prakarsa cendikiawan terkemuka saat itu yang berhimpun dalam Perkumpulan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (PMIK).

Puluhan ribu alumni Unas telah tersebar pada beragam profesi. Sebagian alumni bahkan mencatat prestasi yang membanggakan almamater dengan reputasi nasional serta internasional. Mereka tersebar pada beragam profesi seperti pakar ilmu pengetahuan, anggota DPR/DPRD/DPD, menteri, duta besar, pejabat pemerintahan, pakar lingkungan, teknokrat, pengacara, hakim, profesional bisnis, wirausahawan, sastrawan, budayawan, artis hingga rohanian.

Sistem pendidikan Unas terbukti telah menghasilkan alumni yang berdaya saing tinggi, berprestasi, dan siap menghadapi tantangan globalisasi dengan karya nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

Terdapat 9 Fakultas dan 3 Akademi, antara lain :

– Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
– Fakultas Hukum
– Fakultas Bahasa dan Sastra
– Fakultas Ekonomi
– Fakultas Teknik dan Sains
– Fakultas Biologi
– Fakultas Pertanian
– Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika
– Fakultas Ilmu Kesehatan
– Akademi Akuntansi Nasional
– Akademi Bahasa Asing Nasional
– Akademi Pariwisata Nasional

10. Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara adalah salah satu universitas yang berada di Jakarta, Indonesia. Nama universitas ini berasal dari nama kerajaan Tarumanagara. Universitas ini berdiri pada tanggal 1 Oktober 1959 dengan ditandai berdirinya “Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara” di bawah naungan “Yayasan Tarumanagara” yang berdiri pada tanggal 18 Juni 1959.

Pada tahun 1962, Berdirinya Sekolah Kejuruan Teknik Arsitektur pada 1 Oktober 1962. Kemudian sekolah ini menajdi Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur. Dan kini merupakan salah satu Jurusan Teknik Arsitektur Swasta tertua di Indonesia. Berdirinya Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Tekhnik Arsitektur dan Fakultas Bahasa Inggris. Kemudian fakultas – fakultas itu membentuk Universitas Tarumanagara. Dan mengalami banyak perubahan sampai saat ini.

Terdapat 8 Fakultas di Untar untuk S1 antara lain :

– Fakultas Ekonomi
– Fakultas Teknik
– Fakultas Hukum
– Fakultas Kedokteran
– Fakultas Psikologi
– Fakultas Ilmu Komunikasi
– Fakultas Seni Rupa dan Desain
– Fakultas Teknologi Informasi

11. Universitas Pancasila

Universitas Pancasila, disingkat UP, adalah salah universitas di Jakarta. Kampus utamanya terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan dan kampus pascasarjana terletak di Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat.

Kampus ini juga pernah digunakan untuk penyutingan sinetron legendaris pada tahun ’90-an: Si Doel Anak Sekolahan di bagian gedung fakultas teknik yang menggambarkan “Si Doel” (Rano Karno) sebagai mahasiswa jurusan teknik di tempat tersebut.

Untuk S1, terdapat 7 Fakultas antara lain :

– Fakultas Hukum
– Fakultas Farmasi
– Fakultas Ekonomi & Bisnis
– Fakultas Teknik
– Fakultas Psikologi
– Fakultas Komunikasi
– Fakultas Pariwisata

Share melalui :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*