Inilah 7 Cara Cepat dan Mudah Menghilangkan Stress

Banyak sekali problema yang memunculkan stress pada seseorang. Tetapi semua orang kini telah setuju pemicu utama stress salah satunya adalah pekerjaan. Banyak sekali penyebab orang stress terhadap pekerjaan, mulai dari tidak bahagia dengan pekerjaan yang ia kerjakan. Ada juga orang stress karena memikul tanggung jawab yang terlalu besar, gaji terlalu kecil, dan jam kerja yang terlalu panjang. Hal lain yang dapat memunculkan stress yakni seperti perceraian, kehilangan orang yang dikasihi, dan mungkin stress karena sakit yang berkepanjangan.

Stress juga bisa muncul dari dalam diri sendiri selain faktor luar tadi. Pasti deh kalian akan menjadi stress ketika kalian terlalu mengkhawatirkan hal-hal sepele, terlalu banyak berharap dan memiliki low self-esteem. Kadar stress yang kalian alami sangat bergantung pada kerakteristik kalian sendiri dan bagaimana Sih kalian menyikapi masalah tersebut.

Salah satu cara menghilangkan stress yang mujarab adalah mencoba mengikhlaskan segala sesuatunya dan menjalani hidup dengan sebaik-baiknya tanpa perlu terlalu khawatir tentang masa lalu, masa depan, atau apapun. Selain itu masih ada banyak cara cepat dan mudah menghilangkan stress yang lain yang dapat membantu kalian mengurangi stress. Apa saja? Cekidot.

1. Fokus pada saat ini

Fokus pada saat ini menghilangkan stress

Ketika kalian sedang melakukan kegiatan apapun, upayakan untuk fokus dan memikirkan apa yang ada di hadapan kalian saat itu. Jika kalian sedang makan, coba nikmati setiap gigitan yang masuk ke dalam mulut. Jika kalian sedang melakukan pekerjaan, fokuslah untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut tanpa memikirkan hal yang lain. Jika kalian sedang berjalan kaki di luar, rasakan udara yang menerpa wajahmu, sentuh daun-daun yang berada di pinggir jalan. Hal ini akan sangat membantu dalam menghilangkan stress secara alami.

2. Meditasi

meditasi menghilangkan stress

Mengambil waktu untuk meditasi selama beberapa menit ternyata dapat membantu meringankan stress lho. Sebuah penelitian menemukan bahwa meditasi yang dilakukan secara rutin dapat membuat kalian lebih tabah dalam menghadapi stress.

Cara meditasi untuk menghilangkan stress cukup sederhana, yaitu dengan duduk tegap dengan kedua kaki menempel lantai. Pejamkan mata dan ucapkan sebuah kalimat pendek yang positif seperti “Aku merasa damai”, “Aku mencintai hidupku” atau “Alhamdulillah”. Letakkan tangan pada perut atau paha untuk menyelaraskan nafas dengan mantra yang kalian ucapkan. Biarkan pikiran-pikiran buruk pada pikiran kalian menghilang perlahan seperti dihembus angin.

3. Kompres dengan air hangat

kompres air hangat menghilangkan stress

Letakkan plastik berisi air hangat pada leher atau pundak kalian selama 10 menit. Pejamkan matamu dan relaksasikan wajah, leher, dada bagian atas dan otot-ototmu. Hal ini akan membantu kalian untuk merasa lebih rileks dan melepaskan sejenak beban-beban dalam pikiran kalian.

4. Tertawa lepas

tertawa lepas menghilangkan stress

Tertawa tidak hanya meringankan beban mental, tetapi juga menurunkan kadar kortisol, yaitu hormon stress dalam tubuhmu. Selain itu, tertawa juga meningkatkan endorphin dalam otak yang mampu membuat mood kalian membaik. Tontonlah film comedy atau sitcom favorit kalian atau bercerita dengan orang-orang yang bisa membuat kalian tertawa.

HALAMAN

Share melalui :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*