Mungkin Kalian Belum Tau, Inilah 10 Fitur Tersembunyi dari Whatsapp

Kalian tau whatsapp kan?. Siapa sih yang tidak tau aplikasi chatting populer ini. WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone yang mirip dengan aplikasi BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan jaringan internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Ternyata whatsapp memiliki beberapa fitur yang sangat jarang digunakan oleh beberapa orang karena ketidak tahuan mengenai 10 fitur tersembunyi dari whatsapp, apa saja ?. Chek this out :

1. Menghilangkan Cheklist Biru

Menghilangkan Cheklist Biru alias Tanda Pesan Sudah Dibaca

Tanda checklist berwarna biru menandakan bahwa pesan yang kalian kirim telah dibaca oleh penerima pesan demikian juga sebaliknya. Namun, jika kalian tak ingin orang lain mengetahui apakah pesannya telah kalian baca atau belum, WhatsApp memberikan sebuah trik, yakni dengan menghilangkan tanda checklist biru. Caranya dengan masuk ke Setting, kemudian Account dan masuk ke opsi Privacy. Lalu setelah itu pilih Read Receipts menjadi off.

2. Menyimpan Percakapan ke File Teks

Menyimpan Percakapan ke File Teks

Mungkin fitur ini cukup ditunggu-tunggu oleh pengguna WhatsApp. Sebab seringkali ada suatu hal penting yang ingin kita simpan menjadi file teks dari sebuah percakapan. Bagaimana sih caranya? Buka chat individu atau grup. Tap pada tombol Menu, pilih Select More, terakhir pilih opsi Select Email chat. Pada email tersebut akan langsung terlampir sebagai chat history dalam bentuk dokumen.

3. Menyembunyikan Last Seen

Menyembunyikan Last Seen atau Waktu Terakhir Online

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk mengetahui waktu online terakhir dari pengguna lainnya. Namun, jika kalian tak ingin terlihat sedang online, bisa diatur dengan menyembunyikan Timestamp atau memilih orang-orang yang bisa melihatnya. Caranya, masuk ke Setting, kemudian pilih Privacy, dan pilih antara My Contact atau Nobody untuk menentukan siapa yang bisa melihat kapan waktu terakhir kita online di WhatsApp.

4. Membackup dan Restore pesan

Membackup dan Restore pesan

Saat berganti perangkat, tentu kita ingin agar seluruh data yang ada di smartphone lama bisa dipindahkan ke smartphone baru, termasuk pesan WhatsApp. Hal ini rupanya mungkin untuk dilakukan, bagaimana caranya? Masuk ke Setting pada WhatsApp, kemudian pilih Chat dilanjutkan dengan memilih Chat Backup. Lalu, pilih Back Up Now untuk mulai mem-backup. Untuk menyimpan kembali pesan tersebut di smartphone baru, agan akan ditanya apakah mau menyimpan kembali pesan-pesan yang sudah ter-backup saat meng-install aplikasi.

5. Memblokir kontak

Memblokir kontak

Fitur ini rupanya cukup berguna untuk menghindari kalian dari pesan-pesan spam atau jika kalian tak ingin menerima pesan dari seseorang. Caranya cukup mudah. Kalian tinggal pilih nama kontak atau nomor telepon kemudian pilih Block this Contact.

Halaman selanjutnya >>

Share melalui :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*