Cara Memanfaatkan THR Lebaran Secara Bijak

Idul Fitri kini semakin dekat. Begitupula dengan Tunjangan Hari Raya (THR) yang dibagikan dari tempat kalian bekerja. Pasti kalian sudah menanti-nantikan THR Lebaran tersebut.

Sayangnya beberapa orang malah menjadi ‘kaget’ saat menerima uang berlebih seperti THR saat lebaran. Yang dipikirkan hanya langsung ingin menghabiskan atau belanja barang diskon besar. Padahal ada banyak sekali cara memanfaatkan THR Lebaran secara bijak hingga tiada sesal ketika kamu menggunakannya. Berikut ini adalah 5 langkah solutif yang dapat kalian lakukan untuk memanfaatkan THR Lebaran secara bijak. Apa saja?. Cekidot :

1. Belanja

belanja

Sah-sah saja jika kalian suka sekali belanja dan menggunakan uang THR lebaran kalian untuk hobimu itu. Misalnya investasi membeli kamera mirrorless untuk mendukung hobi fotografimu, meng-upgrade fitur kendaraan kamu, atau menambah jenis alat olahragamu di rumah.

2. Berbagi

berbagi

Mendapatkan THR Lebaran dari tempat bekerja menjadikan tanda kedewasaan seseorang dalam keluarga sehingga harus berbagi dengan adik dan keponakan kecil. THR Lebaran adalah sebagian titipan yang di dalamnya terdapat rejeki bagi keluarga yang membutuhkan.

3. Investasi

investasi

Berinvestasilah mumpung usia kalian masih muda. Belum ada beban, misal menghidupkan keluarga muda dengan tiga orang anak kalian. Jika kamu jeli, banyak sekali jalan investasi yang mudah dan relatif murah. contohnya deposito dan reksa dana yang memang dibuat untuk kestabilan ekonomi jangka panjang.

4. Tambahan Modal Usaha

modal

Alangkah baiknya jika kalian dapat mewujudkan impian memulai usaha mandiri dengan THR Lebaran yang kalian dapat. Kalau ternyata uangnya memang belum cukup untuk memenuhi modal tersebut, tabung dulu dan jangan pernah diusik kecuali keadaan mendesak. Ayo tebalkan niat dan wujudkan mimpi.

5. Bayar Hutang

bayar hutang

Ini nih, poin paling dari 4 poin diatas. Selamatkan diri kalian dari jeratan hutang yang selama ini menghantui tidur nyenyak kalian. Ada uang berlebih dari THR Lebaran dapat diartikan sebagai rejeki yang harus dialokasikan untuk menutup lubang hutang yang menganga. Selesaikan hutang-hutangmu dan hiduplah lebih sesuai kebutuhan hidup, bukan gaya hidup.

Dari 5 cara memanfaatkan THR Lebaran secara bijak diatas, pasti semua urutan prioritas tiap orang tak sama. Ada yang menomorsatukan berbagi ke sanak saudara, ada yang berinvestasi, atau mungkin membayar hutang menjadi prioritas paling utama. Kalau kalian bagaimana ?.

Share melalui :

3 Comments on Cara Memanfaatkan THR Lebaran Secara Bijak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*