14 Menu Buka Puasa yang Wajib Kamu Coba Saat Bulan Ramadhan

Buka puasa adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Wajar saja, karena saat berbuka puasa, kita dapat melepas dahaga dan lapar yang seharian penuh kita tahan. Oleh sebab itu, banyak orang yang menantikan waktu buka puasa dengan memilih menu buka puasa yakni makanan atau takjil yang akan mereka santap untuk berbuka nanti.

Ada orang yang lebih suka untuk mengkonsumsi makan-makanan manis seperti kurma, sirup, atau buah-buahan untuk berbuka, ada juga yang langsung menyantap menu utama saat berbuka puasa. Bagaimana dengan anda? Apa yang biasa anda santap saat berbuka? Berikut ini 14 menu buka puasa yang sering dijumpai dan menjadi favorit banyak orang mungkin termasuk anda dalam berbuka puasa.

 1. Kolak

kolak

Makanan berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus bersama gula aren ini menjadi santapan yang wajib ada di meja makan saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis dan lezat, kolak juga dapat melepas dahaga sekaligus mengenyangkan perut anda. Kolak merupakan sajian wajib saat berbuka, oleh karena itu banyak dijumpai orang yang menjual kolak saat bulan Ramadhan apalagi menjelang waktu berbuka puasa.

2. Biji Salak / Candil

candil buka puasa

Candil / biji salak dibuat dari campuran adonan ketan yang dibentuk bulat, dengan kuah santan dan gula merah. Candil / biji salak cukup populer sebagai menu berbuka puasa di pulau Jawa. Bentuk dan warnanya mirip dengan biji salak, sehingga dinamai dengan biji salak.

3. Sop Buah

menu buka puasa es buah

Sop buah adalah salah satu jenis makanan sehat yang digemari semua kalangan umur. Makanan yang berbahan dasar berbagai jenis buah-buahan ini banyak dicari sebagai menu berbuka puasa ataupun sekedar berwisata kuliner. Jenis makanan yang satu ini memang sangat enak untuk dinikmati, apalagi saat berbuka puasa. Selain sebagai pelepas dahaga, sop buah juga merupakan makanan yang menyehatkan karena mengandung buah-buahan sehingga baik untuk dikonsumsi di waktu berbuka puasa.

4. Es Blewah

es blewah menu buka puasa

Blewah bisa dibilang salah satu buah yang menjadi ciri khas bulan Ramadhan. Bersamaan dengan tibanya bulan puasa, maka pedagang buah blewah pun mulai muncul di pasar, bahkan di sepanjang jalan yang kira-kira ramai dilewati orang pulang kantor.

Aroma harum buah blewah yang diserut memang bisa menggugah selera saat berbuka puasa. Sayangnya rasa dari buah blewah tidak semenarik aromanya, hampir tidak ada rasa. Untuk itu saat membuat resep es blewah, sebaiknya menambahkan gula pasir dan sirup cocopandan atau sirup lain yang sesuai dengan selera anda ke dalam resep untuk memberikan rasa manis.

Selain memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, buah blewah kaya akan vitamin A, C, tidak mengandung kolesterol sama sekali. Selain itu, blewah juga kaya akan mineral seperti kalium an asam folat. Ketika berpuasa tubuh banyak membutuhkan asupan vitamin, sehingga mengonsumsi blewah sebagai hidangan pembuka puasa akan banyak memberikan manfaat bagi tubuh anda.

Share melalui :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*