Yuk Kenali Go, Permainan Strategi Paling Kompleks di Dunia

Edward Lasker, seorang pemain catur, menulis buku yang berjudul Go and Go-moku (1934) yang mana ikut membantu penyebaran Go di Eropa. Buku ini juga yang membuat Albert Einstein tertarik dengan permainan Go. Seperti apakah permainan Go yang merupakan permainan papan tertua di dunia ini?.

Go adalah salah satu permainan papan tertua di dunia. Igo atau Go adalah sebutan Jepangnya yang juga dipakai di negara-negara lain termasuk di Indonesia. Di Korea dikenal dengan nama Baduk, sedangkan di China namanya Weiqi / Weichi.

Ada banyak versi asal-usul igo, yang jelas permainan ini berasal dari China sekitar tahun 3000-4000 Sebelum Masehi, lalu dibawa ke Korea dan dimodifikasi oleh Jepang melalui perjalanan sejarah yang sangat panjang. Permainan ini mulai menyebar di Eropa setelah perang dunia II, lalu menyebar ke negara-negara lainnya.

Meski kalah populer dibanding permainan catur, tetapi tingkat kerumitan strategi igo jauh di atas permainan catur dan permainan papan lainnya. Dasar-dasar cara bermainnya bisa dipelajari dalam hitungan jam, akan tetapi untuk bisa menguasai strateginya butuh waktu seumur hidup.

Dari segi manfaatnya, permainan go memberikan banyak manfaat seperti melatih keseimbangan otak kanan-otak kiri, melatih kreativitas, kesabaran, intuisi, problem solving, dan lainnya. Ilmuwan mengatakan bahwa permainan Go / Baduk membantu perkembangan intelektual pada anak. Selain itu permainan ini ternyata dapat meningkatkan dan memperbaiki prilaku, kontrol emosi, fungsi kognitif, dan aktivitas otak pada anak yang memiliki gangguan ADHD.

Di Jepang ada 10 juta pemain aktif dengan jumlah pemain pro ada ratusan, sedangkan di Korea baduk sudah menjadi hobi segala usia dan juga sudah mulai dimasukkan ke pelajaran anak TK. Penghasilan pemain pro juga lumayan besar lho. Dalam setahun bisa kebeli 1-2 mobil sport Ferrari. Beberapa tokoh terkenal yang juga suka dengan permainan ini adalah Albert Einstein, aktor Robin Williams, dan Bill Gates.

Cara Bermain Go

kenali go

Perlu dicatat, igo tidak sama dengan othello (reversi) maupun link five (five in a row), meskipun sama-sama ada unsur hitam putih bulat-bulat. Inti atau tujuan dari permainan igo atau baduk adalah mendapatkan teritori (wilayah yang dikepung) lebih banyak dari teritori lawan.

Untuk belajar cara main go dari web secara interaktif, kamu bisa buka situs permainan go ini:  http://online-go.com/learn-to-play-go atau http://playgo.to/iwtg/en/

Peralatan Go

1. Goban (papan Go)

1. Goban (papan Go)
papan igo ada yang berkaki ada yang tanpa kaki. Harganya berbeda-beda tergantung jenis kayu dan ketebalannya. Dan ternyata untuk membuat 1 papan igo dari kayu Shinkaya dengan ketebalan 15cm butuh waktu setidaknya 5 tahun. Yang bikin lama adalah pengeringan atau mengeluarkan kandungan air di dalam kayunya. Teknik menggarisnya pun ada yang pakai mesin cetak, ada juga yang digaris menggunakan pedang dilumuri tinta. Harga papan igo yang paling mahal bisa di atas 100 juta rupiah.

2. Goke (Mangkuk Go)

2. Goke (Mangkuk Go)
Digunakan untuk menaruh batu Go. Di jaman sekarang Goke sudah ada yang dari plastik, dan harganya lebih murah. Harga berbeda-beda tergantung dari bahan jenis kayu dan pola garis. Goke terbaik buatan Jepang rata-rata harganya kisaran 10 juta – 20 juta rupiah.

3. Go Ishi / Go Stone (Batu Go)

3. Go Ishi Go Stone (Batu Go)

Batu Go dari yang paling murah hingga paling mahal dibuat dari bahan: resin (plastik), kaca (glass stone), batu alam yunzi, dan clamshell. Batu Go yang paling banyak dipakai di berbagai negara adalah jenis cembung 2 sisi (biconvex), sedangkan yang single convex banyak dipakai di China. Di Jepang, clamshell go stone lebih populer daripada glass stone. Harga clamshell stone dijual kisaran 10 ribu yen hingga 100 ribu yen.

go-game

Komunitas Igo di Indonesia, Wilayah Jakarta

Mall Lotte Shopping Aveneu Jakarta, ruangannya di lantai 5. Cukup lega, karena itu juga markasnya Federasi Igo Indonesia (FII). Gratis dan terbuka untuk umum. Pas weekend biasanya rame, bisa minta diajarin plus bisa coba langsung main igo di atas papan.Komunitas Igo Indonesia ini bisa ditemukan di Facebook.

Turnamen Go di Indonesia

Berikut beberapa turnamen yang diadakan tahunan:
1.Tournament Friendship
2.Tournament Online FII, tiap beberapa bulan sekali (via KGS server) khusus member FII
3. Ambassador Cup

Selain turnamen diatas ternyata masih ada Liga FII. Info lebih lengkap bisa kalian tanyakan di grup FB Federasi Igo Indonesia (FII). Untuk turnamen internasional, biasanya FII mengirimkan pemain dengan kriteria tertentu untuk mewakili Indonesia loh.

Sumber posting : Pemain Igo ~ kyoujisama 

Share melalui :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*