Hubungan Antara Hipertensi, Kolesterol, Asam Urat, Stroke, Jantung, dan Gagal Ginjal

Siapa sih yang mau sakit?. Pasti jawabannya tidak ada, apalagi kalau penyakitnya seperti judul diatas. Penyakit-penyakit yang mungkin tidak akan terjadi bila kita menjaga kesehatan tubuh, badan serta fikiran kita. Tapi apa benar ada hubungan antara Hipertensi, Kolesterol, Asam Urat, Stroke, Jantung, dan Gagal Ginjal. Mari kita telisik satu persatu.

Apa sih yang dimaksud dengan hipertensi ?

hipertensi adalah

Istilah ini ternyata diambil dalam bahasa Inggris “Hypertension”. Kata Hypertension itu sendiri berasal dari bahasa Latin, yakni ”hyper” yang berarti super atau luar biasa dan “tension” yang berarti tekanan atau tegangan. Hypertension yang akhirnya menjadi istilah kedokteran yakni penyakit tekanan darah tinggi.

Gejala Hipertensi :

Sering pusing, mimisan, pandangan mata sering kabur/ tidak jelas, susah fokus/konsentrasi, susah tidur, sensitif/mudah marah, sering mudah kelelahan saat beraktivitas, sering buang air kecil, sering berkeringat secraa berlebihan, wajah kemerahan, nyeri perut hingga muntah.

Penyebab hipertensi :

(1) faktor genetik / turunan;
(2) faktor usia, makin tua (> 45th) makin rentan hipertensi;
(3) faktor gender, pria > 45th, wanita > 65th, untuk itu pria wajib jaga makan & olahraga;
(4) buruknya pola makan, pola makan buruk mengakibatkan obesitas, yang jadi salah satu pemicu hipertensi;
(5) stress, hindari stress dengan selalu berpikir positif, yang juga dapat membuat wajah menjadi lebih awet muda;
(6) konsumsi rokok/alkohol, orang yang suka/sering merokok maupun minum alkohol lebih rentan hipertensi, karena dinding arteri jadi makin menyempit;
(7) kurang olahraga, orang yang jarang olahraga, detak jantungnya lebih cepat, sehingga jantung bekerja ekstra lebih keras, dan menyebabkan tekanan darah naik;
(8) kadar garam dalam makanan, garam yang tinggi atau konsumsi garam terlalu sering/banyak, akan membuat penumpukan cairan dalam tubuh yang membuat resiko tekanan darah meningkat;
(9) kolesterol tinggi, kolesterol, penimbunan lemak dalam darah, mengganggu aliran darah, makin banyak tumpukannya, otomatis otak memerintahkan darah untuk meningkatkan tekanannya, agar darah tetap bisa mengalir, tidak terhambat oleh sumbatan lemak.

Tekanan darah adalah sejumlah tenaga yang dibutuhkan untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah seseorang meningkat tajam dan kemudian tetap tinggi. Tekanan darah normal manusia: 120/80 mmHg, tekanan diastolik (fase darah kembali ke jantung) = 120, tekanan sistolik (fase darah yang sedang dipompa oleh jantung) = 80. Dikatakan hipertensi, jika melebihi 140/90.

Share melalui :

1 Comment on Hubungan Antara Hipertensi, Kolesterol, Asam Urat, Stroke, Jantung, dan Gagal Ginjal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*