Inilah Alasan Pentingnya Mematikan Mesin Sepeda Motor Saat Antri Di SPBU

Walaupun fenomena tidak mematikan mesin motor saat mengantri di SPBU sudah jarang, namun keberadaan masih dapat kita jumpai di masyarakat umum. Hal ini membuat sebagian orang merasa risih dan tidak nyaman loh.

Mungkin ini kedengarannya adalah hal yang sepele. Hanya hal kecil yang tidak begitu diributkan banyak orang. Namun, jika kita perhatikan dengan seksama, tidak mematikan sepeda motor saat mengantri bensin di SPBU bisa dikategorikan sebagai pelanggaran kecil loh, dengan hukuman maksimal ditegur dan dinasehati. Sayangnya, 99% orang enggan menegur dan menasehati para pelaku kejahatan ini karena tidak mau ikut campur urusan orang lain.

Mengapa tidak mematikan mesin sepeda motor saat mengantri bensin di SPBU termasuk pelanggaran kecil? Inilah penjelasannya yang dilansir dari akun kaskus lazu14, Check it out :

1. Pemborosan

Penghamburan

Berapa banyak bensin yang terbuang sia-sia hanya karena kalian malas untu mematikan sepeda motor saat mengantri di SPBU?. Analogikan dengan asumsi setiap 10 sepeda motor yang mengantri di 1 SPBU, hanya 3 sepeda motor saja yang dimatikan. Mungkin, dalam hitungan kasar, bensin yang terbuang dari 7 sepeda motor itu hanya sekitar beberapa tetes. Tapi, berapa banyak sepeda motor yang mengantri setiap hari dalam 1 SPBU? Berapa banyak SPBU di Indonesia? Banyak, bukan?.

2. Tidak Sayang Lingkungan

Emisi bensin menghasilkan CO2 sebanyak 2,33 kg/liter. CO2 yang berlebihan akan merusak lingkungan. Dengan asumsi hanya 3 sepeda motor yang dimatikan saat mengantri di SPBU, maka 7 sepeda motor sisanya akan tetap menghasilkan CO2 selama mengantri. Jika 70% sepeda motor di Indonesia melakukan hal yang sama, bagaimana? Banyak CO2 yang dihasilkan secara sia-sia yang hanya akan merusak bumi. Kasihani anak cucu kita nanti.

3. Menganggu Telinga

Sudah hidung kita yang terganggu dengan CO2, jangan sampai telinga kita yang terganggu akibat suara knalpot dari sepeda motor yang tidak dimatikan itu. Telinga kita juga memiliki hak untuk bekerja dengan baik tanpa ada gangguan “yang disengaja” yang mana melemahkan kerja telinga.

4. Menunjukkan Kamu Seorang Pemalas

Menunjukkan Sikap Pemalas

Apa salahnya jika kita mendorong sepeda motor kita sejauh beberapa meter selama mengantri?. Bukannya lebih baik menyisihkan sebagian kecil stok energi kita untuk mendorong, daripada membuang tetesan bensin yang sia-sia seperti penjelasan diatas. Wajar kalau mengeluh capek, kalau yang didorong adalah mobil. Sepeda motor? Stok energi yang kita punya lebih dari cukup untuk mendorong sepeda motor di antrian SPBU.

Itulah alasan mengapa tidak mematikan mesin sepeda motor saat mengantri di SPBU bisa dikategorikan sebagai pelanggaran kecil.

Share melalui :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*