Manfaat Apel Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui

BCRITA.COM – Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi demi kepentingan bayi dalam kandungan dan ibunya, karena nutrisi yang dimakan ibu, juga diberikan kepada bayinya. Oleh karena itu, ibu membutuhkan banyak nutrisi saat masa kehamilannya.

Mengonsumsi buah-buahan merupakan pola hidup sehat yang harus diterapkan saat dalam masa kehamilan. Buah memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kehamilan, salah satunya buah apel yang memiliki khadiat hebat bagi ibu hamil. Apa saja? Ini dia manfaat buah apel untuk ibu hamil

1. Mencegah diare dan sembelit
Manfaat apel untuk ibu hamil salah satunya yaitu dapat mencegah sembelit dan diare. Seperti kita tahu, dua penyakit tersebut memang sangat rawan menyerang wanita yang sedang hamil. Apalagi ketika wanita hamil mengonsumsi makanan yang kurang sesuai, penyakit seperti diare dan sembelit sangat rawan menyerang dan akhirnya mengganggu kesehatan secara keseluruhan.

Jika tidak mendapat pengobatan yang benar, penyakti tersebut akhirnya juga akan mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Untuk mencegah terjadinya diare dan sembelit, rutinlah mengonsumsi buah apel pada saat kehamilan. Kandungan serat pada apel akan melancarkan dan menormalkan pencernaan sehingga diare maupun sembelit tidak mudah menyerang.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi memang sangat sering menghinggapi wanita yang sedang mengandung. Bahkan, hipertensi dapat menyebakan preeklampsia yang akhirnya dapat memicu keracunan kehamilan. Untuk menurunkan tekanan darah dan membuat tekanan darah jadi stabil, seringlah mengonsumsi buah apel. Khasiat apel untuk orang hamil ini memang sangat luar biasa.

Buah apel memiliki kandungan yang dapat mengurangi kadar kolesterol tubuh. Jadi cara ini cukup efektif untuk menormalkan tekanan darah dalam tubuh sehingga Anda akan terhindar dari hipertensi saat hamil. Disarankan untuk mengonsumsi buah apel setidaknya satu buah setiap hari.

3. Mencegah morning sickness
Morning sickness atau mual dan muntah pagi hari yang terjadi pada wanita hamil memang sangat mengganggu. Hal ini bisa menjadi tanda bahaya kehamilan jika terjadi terlalu parah. Sebab rasa mual dan muntah yang berlebihan dapat mengurangi asupan yang dibutuhkan oleh janin untuk berkembang.

Untuk mencegah morning sickness ini, Anda disarankan untuk rutin makan buah apel. Nutrisi yang terdapat pada buah apel dapat mengurangi asam lambung sehingga mengurangi rasa mual dan ingin muntah. Saran, ketika makan buah apel sebaiknya jangan dikupas dan makanlah dengan kulitnya. Sebab menurut para ahli makan buah apel yang terbaik adalah bersama kulitnya.

4. Mencegah bayi lahir prematur
Manfaat apel untuk ibu hamil yang cukup baik yaitu dapat mencegah kemungkinan bayi lahir prematur. Biasanya, penyebab kelahiran bayi prematur yaitu akibat sekresi empedu yang berlebihan. Anda perlu mengonsumsi buah apel hijau untuk mengatasi kelahiran prematur sehingga bayi bisa dapat lahir dengan sehat.

5. Mengurangi bengkak-bengkak
Pada saat kehamilan, masalah yang paling umum yaitu adanya bengkak-bengkak pada seluruh tubuh. Biasanya kondisi ini membuat banyak wanita hamil jadi merasa tidak nyaman. Mengonsumsi buah apel secara rutin saat hamil dapat mengurangi bengkak yang terdapat pada kaki, tangan dan bagian tubuh lain.

Share melalui :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*