Tips Cepat dalam Menguruskan Badan

Banyak orang yang beranggapan berat badan sangat mempengaruhi penampilan. Dan ketika berat badan bertambah orang-orang akan mencari cara cepat untuk mendapatkan bobot ideal. Sekarang menurunkan berat badan dalam waktu cepat bukanlah hal yang mustahil dan bisa anda lakukan dirumah maupun di tempat kerja. Tips cepat menurunkan berat badan ini tentu akan menuntut anda melakukan sedikit pengorbanan dimana dengan tips ini anda bisa menurunkan berat badan 2,5 kg hingga 7 kg. Hasilnya tentu bergantung pada seberapa besar usaha yang anda lakukan.

Tingkat keberhasilan diet tergantung pada pelakunya. Jika cepat bosan atau tidak bisa menerapkan aturan diet maka bisa dipastikan diet Anda akan gagal dan tidak akan mendapatkan hasil sesuai target. Karena kebanyakan orang bersemangat di awal kemudian menyerah saat menjalaninya.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa ditempuh sebagai langkah menjalankan tips sehat diet mulai dari yang berat sampai yang ringan, mulai dari yang berdampak besar bagi tubuh maupun berdampak relatif kecil. Kunci keberhasilan dalam menurunkan berat badan ini sebenarnya terletak pada tekad. Berikut ini adalah tips yang bisa anda coba dirumah dan dikantor.

1. Jangan Tidak Sarapan

Sebagian besar orang yang belum mengerti tentang diet dan ingin menurunkan berat badan akan cenderung untuk tidak sarapan. Padahal itu merupakan kesalahan yang cukup merugikan, dampak dari tidak sarapan adalah melambatnya metabolisme tubuh yang mana akan berdampak pada kesuksesan diet anda.

2. Makanlah Lebih Sering

Diet tidak harus mengurangi intensitas makan yakni dengan cara mengurangi porsi makan Anda dalam sekali makan. Dengan demikian Anda bisa makan lebih dari 3 kali dalam sehari. Alasannya karena dengan makan dengan intensitas waktu yang lebih sering, akan membantu proses metabolisme di dalam tubuh Anda menjadi lebih lancar. Dengan demikian pembakaran lemak dan proses lainnya di dalam tubuhpun semakin lancar dan bisa mempercepat proses penurunan berat badan Anda.

3. Awali selalu dengan Air Putih

Air putih sangat membantu proses penurunan berat badan. Dengan banyak mengkonsumsi air putih akan meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh yang akan menunjang proses metabolisme. Awali minum segelas air putih sebelum makan dimana hal ini akan membantu anda mengurangi porsi makan karena perut sudah merasa kenyang terlebih dahulu. Dalam menjalankan diet sebaiknya minimal meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari.

4. Konsumsi Protein, Sayuran dan Lemak Baik

Mengonsumsi berbagai jenis sayuran, asupan protein dan lemak baik yang cukup. Protein sendiri memiliki fungsi yang luar biasa yaitu mampu membakar lemak dan cocok sebagai penunjang diet sehat anda. Protein bisa diperoleh dari putih telur, selain itu bisa juga di dapat dari oat meal gandum maupun sereal. Konsumsi protein ini sangat di anjurkan sebagai sarapan pagi anda.

5. Makan Makanan yang Kaya Serat

Konsumsi makanan berserat ini dianjurkan untuk dikonsumsi di siang hari atau malam hari. Makan berserat tinggi ini bisa didapat dari buah dan sayur sayuran. Buah mislanya pir, pisang, pepaya, dan jambu biji. Sayur misalnya brokoli, labu, bayam, lobak, kentang, ubi jalar, kembang kol, kubis merah, dan sayur-sayuran hijau.

6. Ganti Makanan Karbohidrat Sederhana dengan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan sumber dari energi dan gula, namun jenis karbohidrat sederhana akan susah diserap oleh tubuh sehingga cenderung untuk ditimbun dalam dalam bentuk lemak. Makanan berkarbohidrat sederhana ini biasanya bersumber dari nasi, mie, pasta, dan lain-lain. Bagi mereka yang menjalanan program penurunan badan maka wajib hukumnya mengganti makanan berkabohidrat sederhana dengan makanan berkabohidrat kompleks misalnya beras merah, gandum, oat meal, sereal, dan jenis kacang-kacangan.

7. Kurangi Konsumsi Makanan yang Digoreng

Ternyata konsumsi gorengan terlalu banyak juga bisa mengakibatkan timbunan lemak berlebih yang akan membuat tubuh Anda semakin gemuk. Bukan hanya lemak, tetapi kolesterol juga akan semakin meningkat. Bahkan jika dikonsumsi secara terus menerus, akan ada banyak penyakit yang akan hinggap dan menggerogoti kesehatan Anda.

8. Banyak Bergerak atau Olahraga

Bagi anda yang memiliki banyak waktu tentunya bisa memulai program penurunan badan ini dengan melakukan olahraga secara teratur baik itu joging, senam aerobik, maupun jalan santai. Namun bagi anda yang tidak memiliki waktu luang untuk melakukan olah raga anda juga tidak perlu khawatir karena ada cara lain yang bisa ditempuh. Caranya yaitu anda harus banyak bergerak, misalnya jika pekerjaan anda berada dikantor yang memiliki lif maka bisa mencoba menggunakan tangga, selain itu terapkan untuk sering berjalan-jalan di tempat kerja. Hal itu akan membantu membakar kalori dalam tubuh. Intinya anda harus banyak bergerak dan beraktifitas yang membuat tubuh bergerak.

9. Selalu Jaga Makan Malam Anda

Agar penurunan berat badan anda berhasil sebaiknya hindari makan malam dengan makanan yang mengandung karbohidrat karena tubuh cenderung lebih sedikit beraktifitas pada malam hari sehingga asupan karbohidrat tidak terlalu dibutuhkan. Ada baiknya makan malam diganti dengan menu berupa sayur-sayuran yang direbus bukan yang ditumis dengan minyak. Tambahkan buah-buahan sebagai asupan gizi untuk menu makan malam.

Share melalui :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*