10 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

10 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Universitas swasta terbaik di Jakarta banyak dicari karena banyak orang yang tidak dapat masuk ke universitas negeri. Untuk masuk universitas negeri, kita harus mengikuti banyak sekali ujian masuk dan pasti tidak semudah yang dibayangkan.

Saat kita telah mengikuti ujian masuk universitas negeri tapi nyatanya kita tidak diterima di universitas negeri terbaik, jangan menyerah. Kita masih bisa kok memilih universitas swasta terbaik di Jakarta atau daerah lainnya. Baca juga mengenai Universitas Negeri Terbaik di Jakarta.

Universitas swasta biasanya emang sering dipandang sebelah mata karena mutunya tidak sama dengan universitas negeri. Namun ternyata universitas swasta di Jakarta memiliki kulaitas yang sama bahkan melampaui universitas negeri lho.

Saat kita akan mencoba masuk universitas swasta terbaik di Jakarta, kita harus memperhatikan akreditasi yang dimiliki universitas tersebut. Kita harus memilih unversitas swasta dengan akreditasi A. Kenapa akreditasi A, dikarenakan sudah dianggap memiliki kualitas pelayanan dan mutu pendidikan yang baik.

Menurut data BAN-PT terdapat 10 universitas swasta terbaik di Jakarta yang memiliki akreditasi baik, sebagai berikut:

1. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana adalah sebuah universitas swasta di Jakarta, Indonesia. Didirikan pada tanggal 22 Oktober 1985, kampus utama yang juga dinamakan Kampus A terletak di daerah Meruya, Jakarta Barat. Kampus lainnya, yaitu Kampus B, terletak di Menteng, Jakarta Pusat, Kampus C di Depok, Jawa Barat, serta Kampus D di Bekasi, Jawa Barat.

Universitas Mercu Buana masuk sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta dari segi akreditasi. Universitas Mercu Buana sudah mempunyai akreditas A sejak awal tahun 2017 hingga lima tahun ke depan. Universitas ini berdiri sejak tahun 1985 ini menempati urutan ke-22 di Indonesia berdasarkan 4icu Uni Rank. Baca juga mengenai 15 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja dan Dibutuhkan di Masa Mendatang.

Universitas Mercubuana didirikan oleh pengusaha Probosutedjo (almarhum) memiliki 6 fakultas untuk Strata 1 yakni Fakultas Desain dan Seni Kreatif, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Komputer. Kampus utama Universitas Mercubuana terletak di Jalan Meruya Selatan, Kembangan-Jakarta Barat.

2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau Unika Atma Jaya adalah universitas swasta yang didirikan sejak tahun 1960. Universitas swasta terbaik di Jakarta ini terletak di Jalan Jendral Sudirman 51, Jakarta Selatan, dan menyandang status akreditasi A sejak akhir tahun 2016 lalu hingga sekarang.

Unika Atma Jaya dipandang sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta yang tertua dan bergengsi di Indonesia. Menurut survei terbaru dari Majalah Globe Asia (2008) Unika Atma Jaya mendapat ranking 3 di antara seluruh universitas swasta di Indonesia. Baca juga mengenai jurusan desain komunikasi visual, jurusan untuk pekerjaan di masa depan.

Unika Atma Jaya memiliki 2 buah kampus yang berbeda, di Semanggi dan Pluit. Terdapat 8 Falkutas di Unika Atma Jaya, antara lain :

– Fakultas Ekonomi
– Fakultas Ilmu Administrasi
– Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
– Fakultas Teknik
– Fakultas Hukum
– Fakultas Kedokteran
– Fakultas Psikologi
– Fakultas Teknobiologi

3. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma (UG) atau biasa disebut Gunadarma, adalah salah satu universitas Swasta di Indonesia. Kampus utamanya berada di Kota Depok, Jawa Barat, namun memiliki 6 Kampus di Jakarta. Universitas Gunadarma yang sudah mendapat label akreditasi A ini masuk deretan universitas swasta terbaik di Jakarta dari sisi akreditasi. Kampus yang berdiri pada tahun 1996 ini sangat mudah dijangkau dengan angkutan umum dan kereta commuter line karena terletak di Jalan Margonda Raya 100 Pondok Cina, Depok.

Baca juga mengenai 15 Universitas di Jakarta yang Terbaik dan Terakreditasi Tinggi.

Setidaknya terdapat 6 fakultas yang bisa kamu pilih untuk Strata 1 yaitu, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Share via :