10 Surat Tentang Jodoh Dalam Islam

Surat tentang jodoh menurut islam

Surat tentang jodoh

Surat tentang jodoh adalah surat yang berpegangan teguh pada firman Allah SWT yang berada dalam Al-Quran, maka insya allah kita dapat memilih jodoh yang terbaik berdasarkan agama islam.

Jodoh adalah sebuah surat istilah yang kini telah diketahui oleh hampir semua orang. Banyak sebutan untuk jodoh, diantaranya adalah teman hidup, pasangan hidup, tambatan hati, bahkan ada pula yang menyebut dengan panggilan separuh jiwa yang berarti jikalau nanti kehilangan atau terpisah akan terasa kehilangan sesuatu separuh dari hidupnya. Jodoh menurut islam merupakan salah satu misteri yang selalu dipertanyakan oleh umat islam baik laki laki ataupun perempuan, dikarenakan hanya Allah SWT yang mengetahui dan menentukan jodoh untuk umat Nya. Baca juga mengenai tanda jodoh menurut islam dan cara mendapatkannya

Jodoh menurut islam adalah sebagai sebuah cerminan diri, seseorang yang baik akan mendapatkan orang yang baik juga, dan sebaliknya. Namun jika orang itu baik tetapi ia mendapatkan jodoh yang belum sebaik dirinya, itu adalah ujian dari Allah agar berusaha menuntunnya ke jalan kebaikan. Hanya Allah SWT yang mengetahui jodoh Hamba Nya. Wallahualam. Bagaimana jodoh terbentuk dan seperti apa Allah SWT memberi jodoh yang terbaik untuk hamba Nya telah dijelaskan dalam berbagai firman Nya, berikut 10 Surat Tentang Jodoh Dalam Islam :

1. Surat An Nur Ayat 32

“Dan nikahilah orang yang masih membujang diantara kamu dan juga orang orang yang layak menikah dari hamba hamba sahaya mu yang laki laki dan perempuan. Allah akan memberikan kemampuan pada mereka denga karunia Nya dan Allah maha luas pemberian Nya”. (Surat An Nur : 32).

Kita tidak perlu khawatir jika kita mendapat jodoh yang kiranya masih berproses untuk mapan, kerena Allah SWT memberikan jodoh diiringi dengan jalan mendapat rejeki yang lapang. Baca juga mengenai 8 tips menunggu dan menjemput hadirnya jodoh

2. Surat Ar Rum Ayat 21

“Dan diantara tanda tanda kekuasan Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepasanya, dan dijadikan Nya diantaramu rasa kasih dan sayang”. (Surat Ar Rum : 21)

Surat tentang jodoh ini menjelaskan bahwa Jodoh membuat dua orang menjadi tentram hatinya dan memiliki kasih sayang satu sama lain.

3. Surat Al Furqan Ayat 74

“Dan orang orang yang berkata : Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami dan jadikanlah kami imam bagi orang orang yang bertaqwa”. (Surat Al Furqan : 74).

Allah menyukai umat Nya yang selalu berdoa dan berikhtiar, tak salah jika kita menyelipkan doa disertai senantiasa memperbaiki diri supaya mendapat jodoh yang terbaik. Doa mendapatkan jodoh dan rezeki adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan kita.

4. Surat Ar Rad Ayat 38

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri istri dan keturunan”. (Surat Ar Rad : 38).

Allah SWT telah menciptakan dan memberikan kita jodoh sejak Zaman terdahulu, sejak Nabi Adam AS diciptakan telah Allah ciptakan Hawa sebagai jodohnya. Baca juga mengenai 5 tipe orang yang sulit mendapatkan jodoh

5. Surat Az Dzariyat Ayat 49

“Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah”. (Surat Az Dzariyat : 49).

Allah SWT memberikan jodoh supaya manusia senantiasa bersyukur dan mengingat kebesaran Allah, sebab jodoh merupakan sebuah anugrah, darinya akan didapatkan teman hidup sebagai pasangan dan penenang hati di dunia hingga di akherat nanti. takdir jodoh menurut islam sudah ditentukan oleh Allah dengan orang yang tepat dan terbaik bagi setiap hamba-Nya.

6. Surat An Nisa Ayat 1

“Hai sekalian manusia bertaqwalah kepada Tuhan mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri dan dari padanya Allah mencitpakan istri nya, dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan nama Nya kamu saling mencinta satu sama lain”. (Surat An Nisa : 1).

Surat tentang jodoh ini menjelaskan bahwa Allah memerintahkan hamba Nya untuk bertaqwa agar mendapat jodoh yang bertaqwa pula, dengan jodoh Allah akan menciptakan keturunan dan perasaan saling mencinta satu sama lain.

7. Surat Al Maidah Ayat 5

“Dan dihalalkan mengawini wanita yang menjaga kehormatan diantara wanita wanita yang beriman dan wanita wanita yang menjaga kehormatan diantara orang orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya tidak dengan maksud berzina”. (Surat Al Maidah : 5).

Allah menghalalkan seorang laki laki dan wanita yang sholeh yaitu yang masing masing menjaga kehormatan dirinya untuk menyatukan hubungan mereka dalam ikatan yang halal. Merupakan sebuah nikmat terindah dari Allah jika dua orang yang saling mencintai bersatu dalam ikatan yang halal dengan niat beribadah kepada Nya. Baca juga tentang 15 tanda teman jadi jodoh kamu

8. Surat Al Baqarah Ayat 221

“Dan janganlah kamu menikahi wanita wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita mmusyrik walaupun dia lebih menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan ijin Nya”. (Surat Al Baqarah : 221)

Jodoh berarti sesuatu yang di rihoi Allah. Jika mencintai lawan jenis yang musyrik tandanya kita bukan mencintai karena Allah. Karena mengharap jodoh karena Allah senantiasa mementingkan agamanya terlebih dahulu.

9. Surat An Nur Ayat 26

“Wanita wanita yang keji adalah untuk laki laki yang keji, dan laki laki yang keji adalah untuk wanita wanita yang keji pula. Dan wanita wanita yang baik adalah untuk laki laki yang baik dan laki laki yang baik adalah untuk wanita wanita yang baik pula”. (Surat An Nur : 26).

Surat tersebut menjelaskan bahwa Allah menjodohkan seseorang berdasarkan akhlak dari hamba Nya tersebut. Oleh sebab itu senantiasa ada nasehat bahwa setiap orang seharusnya memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi semua larangan Nya agar kelak mendapat jodoh yang baik pula. Baca juga mengenai 6 hal yang kamu rasakan ketika sudah bertemu dengan jodohmu.

10. Surat An Nur Ayat 3

“Laki laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina atau perempuan yang musyrik, dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki laki yang berzina atau laki laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang orang yang mukmin”. (Surat An Nur : 3).

Surat tentang jodoh ini juga merupakan cermin dari jodoh yang Allah ciptakan untuk hamba Nya. Wanita atau lelaki yang berzina nantinya akan mendapatkan jodoh yang seperti dirinya. Setiap dari kita wajib menjaga diri dari segala perbuatan maksiat agar kelak mendapatkan jodoh yang mengajak kepada kebaikan juga.

Share via :