10 Fakta Unik Bulan Ramadhan Di Seluruh Dunia

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah, sistem penanggalan agama Islam. Dalam bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya yaitu berpuasa, salat tarawih, peringatan turunnya Alquran, mencari malam Laylatul Qadar, memperbanyak membaca Alquran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri.

Bulan ramadhan dikenal sebagai bulan yang penuh berkah. Siapa sih yang tidak mau berjumpa dengan bulan Ramadhan ini, apalagi untuk umat muslim ?. selain “Puasa , Shala Tarawih, Zakat, dll” di Indonesia banyak aktivitas saat bulan ramadhan, misalnya sahur. Ternyata kegiatan-kegiatan saat bulan ramadhan bukan hanya ada di Indonesia, di seluruh dunia pun ada, Penasaran ?. Ini dia 10 fakta unik bulan ramadhan di seluruh dunia :

1. Austria

1. Austria

Di Austria, para umat muslim menyambut bulan ramadhan dengan melakukan pengumpulan paket lebaran yang akan dibagikan kepada keluarga-keluarga miskin dan menyiapkan hadiah lebaran bagi anak yatim piatu di Palestina. Kegiatan ini bernama Feeding Fasting Palestinians, yang dikoordinir oleh organisasi kemanusiaan Palestina di Austria.

Baca juga :  Inilah Video Son Joong Ki Ucapkan Selamat Ramadhan

2. Albania

2. Albania

Albania merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa bagian tenggara. Umat islam di Albania menggelar kesenian alat musik yang dinamakan Lodra untuk mengiringi sahur, disebut Syfyr, dan pada acara buka puasa disebut lftar.

3. Italia

3. italia

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Katholik, umat muslim di italia turut melaksanakan bulan suci ramadhan dengan hikmat. Mereka biasanya berkumpul di La Grande Mosche, masjid agung di Roma, dan memasak berbagai makanan bercita rasa manis. Selain itu kurma juga disajikan sebagai menu andalan.

4. Irak

4. Irak

Umat muslim di Irak berbelanja di Pasar Shorja (pasar tertua di Irak) untuk menyambut datangnya bulan ramadhan. Barang-barang yang dijual cukup lengkap, mulai dari jajanan berbuka puasa hingga perlengkapan beribadah.

5. Saudi Arabia

5. Saudi Arabia

Kegiatan unik saat bulan ramadhan di Saudi Arabia adalah tradisi Mesaharati. Tradisi ini adalah kegiatan membangunkan sahur yang dilakukan seorang pria selama 30 hari. Dengan menabuh drum di sekitar lingkungan perumahan.

Baca juga :  3 Program Ramadhan Televisi Ini Ditegur KPI, Kenapa ?

6. Perancis

6. Perancis

Di negara yang terkenal dengan menara Eiffel nya ini, para umat muslim yang kebanyakan merupakan imigran asal Arab akan melakukan kegiatan belanja berbagai makanan dan pernak pernik ramadhan di kawasan jalan Pierre Tumbot.

Share via :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.